Penghantar

Blog ini dibuat oleh mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya yang mengambil mata kuliah Telaah Buku Teks

Jumat, 05 Desember 2014

Telaah Buku Teks Fisika SMA/MA Kelas X Bumi Aksara



FORMAT TELAAH BUKU TEKS FISIKA SMA


IDENTITAS BUKU                          : NON BSE

JUDUL BUKU                                  : Konsep dan Penerapan FISIKA SMA/MA Kelas X

PENULIS                                           : Hari Subagya

 PENERBIT                                        : Bumi Aksara

KOTA DAN TAHUN TERBIT         : Jakarta dan Tahun 2014

JUMLAH BAB                                 : IX Bab

JUMLAH HALAMAN                      : 297 Halaman

JENJANG TUGAS                           : KELAS X 

SEKOLAH                                        : SMA / MA

NOMOR ISBN                                  : 978-602-217-302-1


I.       KELAYAKAN MATERI
A.    KESESUAIAN URAIAN MATERI DENGAN KI DAN KD
Butir 1
Kelengkapan materi
Komentar
Deskripsi
Materi yang disajikan mencakup semua materi yang terkandung dalam Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
Semua materi yang ada di dalam buku  ini sudah terkandung dalam Kompetensi Inti (KI) dan Standar Kompetensi (SK).
Lampiran : Silabus SMA
Halaman iv dan v

Butir 2
Keluasan materi

Deskripsi
Materi yang disajikan mencerminkan jabaran yang mendukung pencapaian semua Kompetensi Dasar (KD).
Semua materi yang disajikan pada buku ini sudah mencerminkan jabaran yang mendukung semua Kompetensi Dasar (KD) contohnya :
1.1  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
Halaman :  2 , 36 , 56 , 128 , 178 , 210

2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi).
Halaman : 16 , 41 , 67 , 91 , 139 , 160 , 189 , 233

Butir 3
Kedalaman materi

Deskripsi
Materi yang disajikan mulai dari pengenalan konsep, definisi, prosedur, tampilan output, contoh, kasus, latihan, sampai dengan interaksi antar konsep sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik dan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi Dasar (KD).
Semua materi  pada setiap bab pada buku ini sudah disajikan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi Dasar (KD). Setiap materi sudah ada interaksi antar-konsep sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik .
B.     KEAKURATAN MATERI
Butir 4
Keakuratan versi dan spesifik materi

Deskripsi
Versi dan spesifikasi materi dinyatakan secara eksplisit sehingga tidak membingungkan peserta didik.
Secara umum spesifikasi materi dinyatakan secara eksplisit karena dalam penyajiannya tidak abstrak dan dihubungkan /  dianalogikan dengan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mempermudah peserta didik dalam menyerap informasi.  Contohnya pada bab 1 halaman 14. Namun dalam bab 3 halaman 59 terdapat spesifikasi materi yang kurang akurat ( contoh soal yang diketahui dengan jawaban soal berbeda ).

Butir 5
Keakuratan istilah

Deskripsi
Istilah-istilah teknis sesuai dengan kelaziman yang berlaku di bidang/ilmu fisika.
Istilah-istilah teknis yang digunakan  setiap bab pada buku ini telah sesuai dengan bahasa fisika pada umumnya.
Halaman : 30 , 50 , 81 , 119 , 144 , 171 , 203 , 243
Butir 6
Keakuratan notasi, symbol dan ikon

Deskripsi
Notasi, simbol, dan ikon disajikan secara benar menurut kelaziman yang digunakan dalam bidang/ilmu fisika.
Dalam penyajian buku ini semua materinya sudah sesuai dengan kelaziman yang digunakan dalam bidang/ilmu fisika pada umumnya.
Halaman : 7 , 42 , 64 , 98 , 141 , 162 , 179 , 213
Butir 7
Keakuratan acuan pustaka

Deskripsi
Pustaka disajikan secara akurat serta setiap pustaka acuan dalam teks dan sebaliknya setiap acuan dalam teks terdapat pustakanya.
Pada buku ini, dari bab 1 sampai bab 8 tidak mencantumkan pustaka acuan. Sebaiknya buku ini mencantumkan pustaka acuan untuk memperkuat keyakinan siswa yang mempelajari setiap materi yang ada ( sehingga didapatkan data yang lebih akurat dan terperinci lagi sebagai pedoman dalam proses pembelajaran ).
C.    KEMUTAKHIRAN MATERI
Butir 8
Kesesuaian materi dengan perkembangan fisika

Deskripsi
Materi yang disajikan aktual yaitu sesuai dengan perkembangan keilmuan FISIKA.
Materi yang disajikan dalam setiap bab  pada buku ini sudah aktual (sesuai dengan perkembangan ilmuan fisika).
Halaman : 167 , 193
Butir 9
Contoh dan kasus aktual

Deskripsi
Contoh dan kasus aktual yaitu sesuai dengan perkembangan keilmuan FISIKA.
Contoh dan kasus aktual pada setiap bab pada buku ini sudah sesuai dengan perkembangan keilmuan fisika.
Halaman 20 , 104 , 195 , 221
Butir 10
Gambar, diagram, dan ilustrasi actual.

Deskripsi
Gambar, diagram/ grafik dan ilustrasi diutamakan yang aktual, dapat juga dilengkapi penjelasan/ perbandingan dengan perangkat yang telah ada sebelumnya.
Pada setiap bab banyak terdapat gambar, diagram/grafik serta ilustrasi yang diberikan aktual, dilengkapi dengan penjelasan dan sumber gambar, grafik/diagram dan ilustrasi tersebut.
Halaman : 4 , 104 , 135 , 159 , 183 , 227
Butir 11
Menggunakan contoh dan kasus di Indonesia (Pribadi, lokal & Global)

Deskripsi
Contoh dan kasus disajikan sesuai dengan situasi serta kondisi di Indonesia.
Pada materi setiap bab ini terdapat  contoh dan kasus disajikan sesuai dengan situasi indonesia saat ini sebab pengaplikasian materi sudah sesuai dengan kehidupan sehari-hari.
Halaman 14 , 37 , 57 , 95 , 141 , 169 , 182 , 215

Butir 12
Kemutakhiran pustaka

Deskripsi
Pustaka dipilih yang mutakhir.
Secara keseluruhan buku ini sudah memiliki pustaka yang mutakhir atau terpercaya salah satu contohnya seperti halaman  292
D.    MENDORANG KEINGINTAHUAN
Butir 13
Mendorong rasa ingin tahu

Deskripsi
Uraian, latihan atau contoh-contoh kasus yang disajikan mendorong peserta didik untuk mengerjakannya lebih jauh dan menumbuhkan kreativitas.
Disini banyak terdapat uraian-uraian, latihan-latihan yang pastinya membuat rasa ingin tahu siswa untuk menyelesaikan.
Halaman  50
Butir 14
Mendorong keinginan untuk mencari informasi lebih jauh

Deskripsi
Terdapat link hypermedia yang dapat mendorong keinginan peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh. Contoh : diberikan link tentang software pengolahan kata yang dapat digunakan secara gratis dll.
Iya, terdapat link hypermedia yang dapat mendorong keinginan peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh (link fisika) dan setelah dibuka, link tersebut memang benar  sesuai materi dan menggunakan bahasa inggris.
Halaman  43


E.     PRAKTIKUM DAN KEWIRAUSAHAAN
Butir 15
Menyajikan prosedur keselamatan kerja

Deskripsi
Uraian materi yang berkaitan dengan baik keamanan perangkat data dan keselamatan manusia disertai prosedur keselamatan kerja yang memadai.
Terdapat uraian materi yang berkaitan dengan keamanan perangkat data maupun keselamatan kerja karena ada praktikum yang tercantum pada bab ini yaitu tentang resultan vektor.
Halaman  41


Butir 16
Menumbuhkan semangat kewirausahaan

Deskripsi
Latihan atau contoh-contoh yang disajikan memotivasi peserta didik untuk bekerja keras sehingga menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai guna.
Contoh-contoh aplikasi konsep fisika yang dimuat dalam buku ini  hanya berpusat pada pengembangan materi dan belum cukup untuk memotivasi siswa untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai guna.
Halaman 90
Butir 17
Menumbuhkan daya saing

Deskripsi
Latihan atau tugas yang disajikan memotivasi peserta didik untuk menghasilkan sesuatu yang dimiliki nilai lebih. Contoh : aplikasi konsep fisika yang bernilai ekonomis.
Latihan dan tugas yang terdapat dalam bab ini hanya bersifat kognitif, sehingga tidak dapat memotivasi siswa untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih.
Halaman 126 tentang tugas proyek
Butir 18
Memberikan tugas praktikum

Deskripsi
Tugas-tugas praktikum perlu diberikan baik untuk perorangan maupun untuk kelompok.
Ada fisika lab dalam setiap bab pada buku  ini  contohnya tentang resultan vektor.
Halaman  41
Butir 19
Meningkatkan keterampilan teknis

Deskripsi
Uraian prosedur penggunaan peralatan/ software yang disajikan dapat diikuti dan dilaksanakan oleh peserta didik sehingga meningkatkan keterampilan teknis dari peserta didik.
Iya ada tetapi hanya untuk prosedur penggunaan peralatan, terdapat pada praktikum contohnya  tentang resultan vektor yang dapat meningkatkan keterampilan teknis dari peserta didik.
Halaman 41


3        KELAYAKAN PENYAJIAN
A.    TEKNIK PENYAJIAN
Butir 20
Konsistensi sistematika sajian dalam bab

Deskripsi
Sistematika penyajian dalam setiap bab taat terhadap asas (memiliki pendahuluan, isi dan penutup).
Dalam Pembahasan buku ini, tiap bab sudah menyajikan konsistensi. Di awal bab ada pendahuluan mengenai aplikasi atau penerapan lansung dalam kehidupan sehari yang sesuai dengan materi, terdapat ilustrasi gambar dan peta konsep di awal materi. Dalam bagian isi tiap bab sudah tersusun secara terstruktur dimulai dari materi dasar (sederhana) yang berkelanjutan samapai kemateri yang lebih kompleks, dan didalam bagian akhir ini terdapat rangkuman refleksi diri serta evaluasi berupa soal-soal baik secara pilihan ganda ataupun esai berstruktur.
Halaman vi , vii , viii
Butir 21
Keruntunan konsep

Deskripsi
Penyajian konsep disajikan secara runtun mulai dari yang mudah ke sukar, dari yang kongkret ke abstrak, dari yang sederhana ke kompleks, dan dari yang dikenal sampai yang belum dikenal. Materi bagian sebelumnya bisa membantu pemahaman materi pada bagian selanjutnya.
Penyajian konsep dalam semua bab pada buku ini disajikan secara sistematis mulai dar sederhana berupa pengenalan subbab berlanjut kemateri yang kompleks. Setiap materi disajikan saling berkesinambungan dengan subbab sebelum atau sesudahnya dan telah terdapat contoh-contoh ilustrasi agar mempermudah pemahaman bagi peserta didik. Sehingga jika siswa sudah memahami isi subbab pertama dapat dengan mudah memahami subbab yang kedua begitupun selanjutnya. Halaman 57. Contoh materi yang bersangkutan pada bab sebelumnya yaitu bab 8 halaman 230
B.     PENDUKUNG PENYAJIAN
Butir 22
Pembangkit motivasi belajar pada awal bab

Deskripsi
Terdapat uraian tentang apa yang akan dicapai peserta didik setelah mempelajari bab tersebut dalam upaya membangkitkan motivasi belajar.
Dalam buku ini telah terdapat uraian tentang apa yang akan dicapai peserta didik setelah mempelajari bab tesebut dalam upaya membangkitkan motivasi belajar. Cotohnya pada bab 1 halaman 1. Namun di dalam bab-bab yang dibahas dalam buku ini ada juga yang tidak terdapat tentang uraian yang akan diapai peserta didik, contohya pada bab 6. Tetapi di bab 6 ini terdapat uraian pembangkit motivaasi belajar seperti info-info tentang sejarah salah satu alat fisika dan contoh-contoh ilmuan fisika di halaman 170 (info alat fisika) dan halaman 164 (tokoh ilmuwan fisika)
Butir 23
Contoh-contoh soal dalam setiap bab (Tingkat kesulitan,PISA)

Deskripsi
Terdapat contoh-contoh soal yang dapat membantu menguatkan pemahaman konsep yang ada dalam materi. Setiap contoh perlu dilengkapi dengan bukti hasil percobaan (output).
Dalam pembahasan di buku ini telah terdapat contoh-contoh soal yang dapat membantu menguatkan pemahaman konsep yang ada dalam materi. Setiap contoh juga sudah dilengkapi dengan bukti asil percobaan output (salah satu contoh yang terdapat dalam bab 6 halaman 159).
Butir 24
Kata-kata kunci baru pada setiap awal bab

Deskripsi
Kata-kata kunci baru yang akan dipelajari pada bab terkait perlu disebutkan pada setiap awal tersebut.
Dalam setiap bab sudah terdapat kata-kata kunci baru yang akan dipelajari pada bab terkait perlu disebutkan pada setiap awal bab tersebut
Halaman 1, 35, 55, 87, 127, 155, 177, 209.
Butir 25
Soal latihan pada setiap akhir bab (Variasi tingkat kesulitan, PISA)

Deskripsi
Soal-soal yang dapat melatih kemampuan memahami dan menerapkan konsep yang berkaitan dengan materi dalam bab sebagai umpan balik disajikan pada setiap akhir bab.
Dalam bab-bab yang terdapat dalam buku inisudah terdapat soal-soal yang melatih kemampuan memahami dan menerapkan konsep yang berkaitan dengan materi dalam bab sebagai umpan balik disajikan pada setiap akhir bab. Seperti contoh pada salah satu bab, yaitu bab 6 yang sudah terdapat latihan soal berupa 15 soal pilihan ganda, 10 soal uraian, adanya teka-teki silang dan tugas proyek membuat salah satu alat fisika.
Halaman 172, 173, 174, 175, 176.
Butir 26
pengantar

Deskripsi
Pengantar pada awal buku berisi tujuan penulisan buku teks pelajaran FISIKA, sistematika buku, cara pengajaran termasuk materi apa saja yang harus diberikan ke peserta didik untuk satuan masa pengajaran atau satu semester tertentu, cara belajar yang harus diikuti, serta hal-hal lain yang dianggap penting bagi peserta didik.

Pada pengantar buku PT. Bumi Aksara ini sudah mencakup tujuan penulisan buku teks pelajaran fisika, sistematika penyajian buku dan juga dilampirkan kompetensi inti dan kompetensi dasar, namun dalam buku ini tidak terdapat cara pengajaran dan cara belajar yang harus diikuti siswa. Seharusnya,buku ini mencantumkan cara pengajaran dan cara belajar yang baik sehingga terciptanya proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pembelajaran awal.
Butir 27
Glosarium

Deskripsi
Glosarium berisi istilah-istilah penting dalam teks dengan penjelasan arti istilah tersebut dan ditulis alfabetis.
Dalam buku PT. Bumi Aksara ini terdapat glosarium yang memuat cukup banyak istilah penting dalam teks materi setiap bab yang menjelaskan arti istilah penting tersebut. Penulisan glosarium ditulis secara alfabetis, sehingga memudahkan siswa mencari informasi istilah yang belum diketahuinya.
Halaman 289, 290, 291
Butir 28
Daftar Indeks (Subyek)

Deskripsi
Indeks subjek merupakan daftar kata penting yang diikuti dengan nomor halaman kemunculan.
Pada buku terbitan PT Bumi Asara ini sudah terdapat indeks subjek berupa daftar kata penting ynag diikuti oleh nomor halaman dimana istilah itu ditemukan indeks subjek pada buku ini disusun secara alfabetis.
Halaman 295 , 296 ,  297
Butir 29
Daftar Pustaka

Deskripsi
Daftar buku yang digunakan sebagai bahan rujukan dalam penulisan buku tersebut yang diawali dengan nama pengarang (yang disusun secara alfabetis), tahun terbitan, judul buku / majalah / makalah / arFisikael, tempat, dan nama penerbit, nama dan lokasi situs internet serta tanggal akses situs (jika memakai acuan yang memiliki situs).
Penulisan daftar pustaka yang terdapat dalam buku terbitan PT Bumi Asara ini telah sesuai dengan aturan EYD dan ditulis secara alfabetis. Selain itu referensi yang dipakai penulis sudah cukup banyak karena sumber diambil dari luar maupun dalam negeri dan referensi yang digunakan ada yang terbaru yaitu memakai referensi tahun 1963-2013
Halaman 292
Butir 30
Rangkuman

Deskripsi
Rangkuman merupakan konsep kunci bab yang bersangkutan yang dinyatakan dengan kalimat ringkas dan jelas, memudahkan peserta didik dalam memahami isi bab.
Dalam bab-bab ini di buku ini sudah terdapat rangkuman yang ringkas dan jelas pada akhir bab dan telah mewakili isi dari bab yang disajikan sehingga dapat membantu pembaca dalam memahami materi tersebut.
Halaman 118 dan 119
Butir 31
Lampiran

Deskripsi
Lampiran memuat informasi atau bahan pendukung, antara lain data dan program yang diujicobakan dalam buku dan bahan latihan lanjut. Lampiran bias disimpan dalam CD atau dapat diakses lewat internet.
Dalam buku ini sudah terdapat lampiran atau bahan yang mendukung dan mencakup informasi, lampiran yang berupa tabel konstan, data teres trial, dan data astronomi.
Halaman  293 dan 294
C. PENYAJIAN PEMBELAJARAN
Butir 32
Keterlibatan Peserta Didik

Deskripsi
Penyajian materi bersifat interaktif dan partisipatif, ada bagian yang mengajak pembaca untuk berpartisipasi – misalnya dengan mengajak peserta didik mencoba latihan dengan data baru.
Pada buku ini penyajian materi sudah bersifat interaktif dan partisipatif yang mengajak peserta didik untuk berpartisipasi. Terdapat ajakan agar peserta didik melakukan kegiatan praktikum. contohnya setelah pembahsan konsep dan penyajian contoh soal, diberikan beberapa soal untuk mengajak peserta didik turut berpartisipasi.
Bab 1, hal 19
Bab 2 Hal. 38, 40, 41, 45, 49
Bab 3 hal 60, 66, 75, 79
Bab 4 hal 89, 91, 97, 99, 100
Bab 5 hal 132, 137, 143
Bab 6 hal 171,  167
Bab 7 hal 179,180,184-185,189,193,200
Bab 8 hal 211, 214, 216, 218, 220, 228, 230, 233, 236, 239, 241
.
Butir 33
Kesesuaian dengan Karakteristik Fisika

Deskripsi
Metode dan pendekatan penyajian diarahkan ke metode inkuiri / eksperimen, di akhir setiap bab minimum memuat materi / latihan yang dapat dipraktikkan oleh peserta didik.
sudah terdapat metode dan pendekatan yang diarahkan ke metode inkuiri dan eksperimen.
Pada buku ini sudah terdapat beberapa praktikum sederhana yang dapat dipraktikkan oleh peserta didik yang sesuai dengan karakteristik fisika.
Bab 1 hal 16, 17, 18, 26
Bab 2 hal 41
Bab 3 hal  67,75, 86
Bab 4 hal 89, 91, 100, 103
Bab 5 hal 129, 137, 139,
Bab 6 hal 157, 160-161
Bab 7 hal 179,180,184-185,189,193,200, 179, 180, 184, 187, 189, 193, 200
Bab 8 hal 211, 216, 230, 233, 236
D. KOHERENSI DAN KERUNTUTAN
Butir 34
Kertautan Antar Bab/Subbab/Alinea

Deskripsi
Penyampaian pesan antara subbab dengan bab lain/ subbab dengan subbab/ antara alinea dalam subbab yang berdekatan mencerminkan keruntutan dan keterkaitan isi.
Pada buku ini penyajian materi antar bab, subbab, dan alinea sudah menunjukkan ketertautan dan keterkaitan isi.




Butir 35
Keutuhan Makna dalam Bab/Subbab/Alinea

Deskripsi
Pesan atau materi yang disajikan dalam suatu bab/subbab/alinea harus mencerminkan suatu tema.
Penyajian materi antar bab, subbab, dan alinea sudah menunjukkan ketertautan dan keterkaitan isi dan merujuk pada satu topik materi.

4        KELAYAKAN KEBAHASAAN
A.    LUGAS
Butir 36
Ketepatan struktur kalimat

Deskripsi
Kalimat yang digunakan mewakili isi pesan atau informasi yang ingin disampaikan dengan tetap mengikuti tata kalimat Bahasa Indonesia.
Penyusunan kata-kata sudah sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dan mengikuti aturan SPOK, dan pemakaian kata-kata pun sudah baku dan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia sehingga mampu mewakili informasi yang ingin disampaikan.
Contoh hal 1, 38
Butir 37
Keefektifan kalimat

Deskripsi
Kalimat yang disampaikan sederhana dan langsung ke sasaran.
Kalimat yang disajikan pada buku ini sudah cukup efektif(sederhana dan singkat) serta mudah dimengerti oleh peserta didik. Contohnya pada halaman 8, 39, 58

Butir 38
Kebakuan istilah

Deskripsi
Istilah yang digunakan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan / atau adalah istilah teknis yang telah baku digunakan dalam FISIKA. Pada istilah teknis yang masih cukup asing diberikan penjelasannya pada glosarium.
Istilah yang digunakan sudah sesuai dengan istilah teknis yang telah baku digunakan dalam FISIKA.
Untuk istilah yang masih cukup asing telah diberikan penjelasan pada glosarium.
Hal 289
B.     KOMUNIKATIF
Butir 39
Pemahaman terhadap pesan atau informasi

Deskripsi
Pesan atau informasi disampaikan dengan bahasa yang menarik dan lazim dalam komunikasi tulis Bahasa Indonesia.
Pada buku ini Pesan atau informasi sudah disampaikan dengan bahasa yang menarik dan lazim dalam komunikasi tulis Bahasa Indonesia
Halaman 2

C.    DIALOGIS DAN INTERAKTIF
Butir 40
Kemampuan memotivasi peserta didik

Deskripsi
Bahasa yang digunakan membangkitkan rasa senang ketika peserta didik membacanya dan mendorong mereka untuk mempelajari buku tersebut secara tuntas.
Bahasa yang digunakan pada buku  ini sudah cukup memotivasi peserta didik untuk mempelajari materi sampai tuntas.
Contoh dapat dilihat pada awal setiap bab
Hal 1,35, 55, 87, 127, 155, 177, 209
Butir 41
Mendorong berpikir kritis

Deskripsi
Bahasa yang digunakan mampu merangsang peserta didik untuk mempertanyakan suatu hal lebih jauh, dan mencari jawabnya secara mandiri dari buku teks atau sumber informasi lain.
Bahasa yang digunakan mampu merangsang peserta didik untuk mempertanyakan suatu hal lebih jauh, dan mencari jawabnya secara mandiri dari buku teks atau sumber informasi lain.
Contoh pada haalaman 20, 37, 57, 184-185
D.    KESESUAIAN DENGAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Butir 42
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik

Deskripsi
Bahasa yang digunakan dalam menjelaskan suatu konsep harus sesuai dengan tingkatperkembangan kognitif peserta didik.
Penjelasan konsep-konsepnya sudah cukup sesuai dengan perkembangan pola fikir peserta didik secara kognitif sesuai dengan teori belajar Piaget pada tahap keempat yaitu operasional formal, dimana pada tahap ini peserta didik sudah mampu berpikir abstrak tidak hanya memahami sesuatu yang kongkret.
contohnya pada bab 3 hal 57. Bab 4 hal 105.

Butir 43
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan emosional peserta didik

Deskripsi
Bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat kematangan emosional peserta didik.
Bahasa yang digunakan sudah cukup sesuai dengan teori piaget, kosa kata remaja terus mengalami perkembangan seiring dengan bertambahnya referansi bacaan dengan topik-topik yang lebih kompleks sesuai dengan tingkat  perkembangan emosional peserta didik.
Halaman 214
E.     KESESUAIAN DENGAN KAIDAH BAHASA INDONESIA
Butir 44
Ketepatan tata bahasa

Deskripsi
Tata kalimat yang digunakan untuk menyampaikan pesan mengacu kepada kaidah tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Tata kalimat yang digunakan sebagian besar sudah mengacu kepada kaidah tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pesan yang ada dapat tersampaikan kepada peserta didik seperti pada bab 6 halaman 170. Bab 2 hal 37. Bab 3 hal 56. Bab 4 hal 88. Bab 5 hal 128. Bab 7 hal 186. Bab 8 hal 210
Butir 45
Ketepatan ejaan

Deskripsi
Ejaan yang digunakan mengacu kepada pedoman Ejaan Yang Disempurnakan.
Ejaan yang digunakan dalam buku terbitan PT Bumi Aksara ini sebagian besar sudah sesuai dengan  EYD walaupun ada beberapa yang harus diperbaiki, tetapi masih bisa dipahami oleh peserta didik.
Contoh pada halaman 5, 40, 75, 188
F.     Penggunaan istilah, simbol atau ikon
Butir 46
Konsistensi penggunaan istilah

Deskripsi
Penggunaan istilah yang menggambarkan satu konsep harus konsisten antar-bagian dalam buku.
Ejaan yang digunakan dalam buku terbitan PT Bumi Aksara ini sebagian besar sudah sesuai dengan  EYD walaupun ada beberapa yang harus diperbaiki, tetapi masih bisa dipahami oleh peserta didik.
Contoh pada halaman 5, 40, 75, 188
Butir 47
Konsistensi penggunaan simbol atau ikon

Deskripsi
Penggambaran simbol atau ikon harus konsisten antar-bagian dalam buku.

Penggambaran simbol dan ikon untuk masing-masing konsep telah konsisten dari awal bab  sampai dengan akhir bab
Contoh tentang Elastisitas Bahan halaman 156 sampai akhir bab halaman 176.


2 komentar: