FORMAT TELAAH BUKU TEKS FISIKA SMA
IDENTITAS BUKU                          : NON BSE
JUDUL BUKU                                  :
Konsep dan Penerapan FISIKA SMA/MA Kelas X
PENULIS                                           :
Hari Subagya
 PENERBIT                                        
: Bumi Aksara
KOTA DAN TAHUN TERBIT         : Jakarta dan Tahun 2014
JUMLAH BAB                                  :
IX Bab
JUMLAH HALAMAN                      : 297
Halaman
JENJANG TUGAS                            : KELAS X 
SEKOLAH                 
                       : SMA / MA
NOMOR ISBN                                  
: 978-602-217-302-1
I.      
KELAYAKAN
MATERI
A.   
  KESESUAIAN
  URAIAN MATERI DENGAN KI DAN KD 
 | 
 ||
Butir
  1 
 | 
  
Kelengkapan
  materi 
 | 
  
Komentar 
 | 
 
Deskripsi 
 | 
  
Materi
  yang disajikan mencakup semua materi yang terkandung dalam Kompetensi Inti
  (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). 
 | 
  
Semua materi yang ada di dalam buku  ini sudah terkandung dalam Kompetensi Inti (KI) dan Standar Kompetensi
  (SK). 
Lampiran : Silabus SMA 
 | 
 
Butir
  2 
 | 
  
Keluasan
  materi 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Materi yang disajikan mencerminkan jabaran yang
  mendukung pencapaian semua Kompetensi Dasar (KD). 
 | 
  
Semua materi yang disajikan pada buku ini
  sudah mencerminkan jabaran yang mendukung semua Kompetensi Dasar (KD) contohnya :  
1.1  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad
  raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya. 
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif,
  teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif,
  inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
  implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi). 
 | 
 
Butir
  3 
 | 
  
Kedalaman
  materi 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Materi yang disajikan mulai dari pengenalan konsep,
  definisi, prosedur, tampilan output, contoh, kasus, latihan, sampai dengan
  interaksi antar konsep sesuai dengan tingkat
  pendidikan peserta didik dan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi
  Dasar (KD). 
 | 
  
Semua materi  pada setiap bab pada buku ini sudah disajikan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi Dasar (KD).
  Setiap materi sudah ada interaksi antar-konsep sesuai dengan tingkat
  pendidikan peserta didik . 
 | 
 
B.    
  KEAKURATAN
  MATERI 
 | 
 ||
Butir
  4 
 | 
  
Keakuratan
  versi dan spesifik materi 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Versi dan spesifikasi materi dinyatakan secara
  eksplisit sehingga tidak membingungkan peserta didik. 
 | 
  
Secara
  umum spesifikasi materi dinyatakan secara eksplisit karena
  dalam penyajiannya tidak abstrak dan dihubungkan /  dianalogikan dengan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari, sehingga
  mempermudah peserta didik dalam menyerap informasi.  Contohnya pada bab 1 halaman 14. Namun
  dalam bab 3 halaman 59 terdapat
  spesifikasi materi yang kurang akurat ( contoh soal yang diketahui dengan
  jawaban soal berbeda ).  
 | 
 
Butir
  5 
 | 
  
Keakuratan
  istilah 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Istilah-istilah teknis sesuai dengan kelaziman yang
  berlaku di bidang/ilmu fisika. 
 | 
  
Istilah-istilah
  teknis yang digunakan  setiap bab pada buku ini telah sesuai dengan bahasa
  fisika pada umumnya. 
 | 
 
Butir
  6 
 | 
  
Keakuratan
  notasi, symbol dan ikon 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Notasi, simbol, dan ikon disajikan secara benar
  menurut kelaziman yang digunakan dalam bidang/ilmu fisika. 
 | 
  
Dalam
  penyajian buku ini semua materinya sudah sesuai dengan
  kelaziman yang digunakan dalam bidang/ilmu fisika pada umumnya.  
 | 
 
Butir
  7 
 | 
  
Keakuratan acuan
  pustaka 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Pustaka disajikan secara akurat serta setiap pustaka
  acuan dalam teks dan sebaliknya setiap acuan dalam teks terdapat pustakanya. 
 | 
  
Pada buku ini, dari bab 1 sampai bab 8 tidak
  mencantumkan pustaka acuan. Sebaiknya buku ini mencantumkan
  pustaka acuan untuk memperkuat keyakinan siswa yang mempelajari setiap materi
  yang ada ( sehingga didapatkan data yang lebih akurat dan terperinci lagi
  sebagai pedoman dalam proses pembelajaran ). 
 | 
 
C.   
  KEMUTAKHIRAN
  MATERI 
 | 
 ||
Butir
  8 
 | 
  
Kesesuaian
  materi dengan perkembangan fisika 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Materi yang disajikan aktual yaitu sesuai dengan
  perkembangan keilmuan FISIKA. 
 | 
  
Materi
  yang disajikan dalam setiap bab  pada
  buku ini sudah aktual (sesuai dengan perkembangan ilmuan fisika). 
 | 
 
Butir
  9 
 | 
  
Contoh dan
  kasus aktual 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Contoh dan kasus aktual yaitu sesuai dengan
  perkembangan keilmuan FISIKA. 
 | 
  
Contoh
  dan kasus aktual pada setiap bab pada buku ini sudah sesuai dengan
  perkembangan keilmuan fisika. 
 | 
 
Butir
  10 
 | 
  
Gambar,
  diagram, dan ilustrasi actual. 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Gambar, diagram/ grafik dan ilustrasi diutamakan
  yang aktual, dapat juga dilengkapi penjelasan/ perbandingan dengan perangkat
  yang telah ada sebelumnya. 
 | 
  
Pada
  setiap bab banyak terdapat gambar, diagram/grafik serta ilustrasi yang
  diberikan aktual, dilengkapi dengan penjelasan dan sumber gambar,
  grafik/diagram dan ilustrasi tersebut. 
 | 
 
Butir
  11 
 | 
  
Menggunakan
  contoh dan kasus di Indonesia (Pribadi, lokal & Global) 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Contoh dan kasus disajikan sesuai dengan situasi
  serta kondisi di Indonesia. 
 | 
  
Pada
  materi setiap bab ini terdapat  contoh
  dan kasus disajikan sesuai dengan situasi indonesia saat ini sebab
  pengaplikasian materi sudah sesuai dengan kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
Butir
  12 
 | 
  
Kemutakhiran
  pustaka 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Pustaka dipilih yang mutakhir. 
 | 
  
Secara
  keseluruhan buku ini sudah memiliki pustaka yang mutakhir atau terpercaya
  salah satu contohnya seperti halaman  292  
 | 
 
D.   
  MENDORANG
  KEINGINTAHUAN 
 | 
 ||
Butir
  13 
 | 
  
Mendorong rasa
  ingin tahu 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Uraian, latihan atau contoh-contoh kasus yang
  disajikan mendorong peserta didik untuk mengerjakannya lebih jauh dan
  menumbuhkan kreativitas. 
 | 
  
Disini banyak terdapat uraian-uraian, latihan-latihan
  yang pastinya membuat rasa ingin tahu siswa untuk menyelesaikan. 
 | 
 
Butir
  14 
 | 
  
Mendorong
  keinginan untuk mencari informasi lebih jauh 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Terdapat link hypermedia yang dapat mendorong
  keinginan peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh. Contoh :
  diberikan link tentang software pengolahan kata yang dapat digunakan secara
  gratis dll. 
 | 
  
Iya, terdapat
  link hypermedia yang dapat mendorong
  keinginan peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh (link fisika) dan setelah dibuka, link tersebut
  memang benar  sesuai materi dan
  menggunakan bahasa inggris. 
 | 
 
E.    
  PRAKTIKUM
  DAN KEWIRAUSAHAAN 
 | 
 ||
Butir
  15 
 | 
  
Menyajikan
  prosedur keselamatan kerja 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Uraian materi yang berkaitan dengan baik keamanan
  perangkat data dan keselamatan manusia disertai prosedur keselamatan kerja
  yang memadai. 
 | 
  
Terdapat uraian materi yang berkaitan dengan keamanan
  perangkat data maupun keselamatan kerja karena ada praktikum yang tercantum pada
  bab ini yaitu tentang resultan vektor. 
 | 
 
Butir
  16 
 | 
  
Menumbuhkan
  semangat kewirausahaan 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Latihan atau contoh-contoh yang disajikan memotivasi
  peserta didik untuk bekerja keras sehingga menghasilkan sesuatu yang
  mempunyai nilai guna. 
 | 
  
Contoh-contoh aplikasi konsep fisika yang dimuat
  dalam buku ini  hanya berpusat pada
  pengembangan materi dan belum cukup untuk memotivasi siswa untuk menghasilkan
  sesuatu yang bernilai guna. 
 | 
 
Butir
  17 
 | 
  
Menumbuhkan
  daya saing 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Latihan atau tugas yang disajikan memotivasi peserta
  didik untuk menghasilkan sesuatu yang dimiliki nilai lebih. Contoh : aplikasi
  konsep fisika yang bernilai ekonomis. 
 | 
  
Latihan
  dan tugas yang terdapat dalam bab ini hanya bersifat kognitif, sehingga tidak dapat memotivasi
  siswa untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih. 
 | 
 
Butir
  18 
 | 
  
Memberikan
  tugas praktikum 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Tugas-tugas praktikum perlu diberikan baik untuk
  perorangan maupun untuk kelompok. 
 | 
  
Ada
  fisika lab dalam setiap bab pada buku  ini  contohnya tentang resultan vektor. 
 | 
 
Butir
  19 
 | 
  
Meningkatkan
  keterampilan teknis 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Uraian prosedur penggunaan peralatan/ software yang
  disajikan dapat diikuti dan dilaksanakan oleh peserta didik sehingga
  meningkatkan keterampilan teknis dari peserta didik. 
 | 
  
Iya ada
  tetapi hanya untuk prosedur penggunaan peralatan, terdapat pada praktikum contohnya  tentang resultan vektor yang dapat
  meningkatkan keterampilan teknis dari peserta didik. 
 | 
 
3       
KELAYAKAN
PENYAJIAN
A.   
  TEKNIK
  PENYAJIAN 
 | 
 ||
Butir
  20 
 | 
  
Konsistensi
  sistematika sajian dalam bab 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Sistematika penyajian dalam setiap bab taat terhadap
  asas (memiliki pendahuluan, isi dan penutup). 
 | 
  
Dalam
  Pembahasan buku ini, tiap bab sudah menyajikan konsistensi. Di awal bab ada
  pendahuluan mengenai aplikasi atau penerapan lansung dalam kehidupan sehari
  yang sesuai dengan materi, terdapat ilustrasi gambar dan peta konsep di awal
  materi. Dalam bagian isi tiap bab sudah tersusun secara terstruktur dimulai
  dari materi dasar (sederhana) yang berkelanjutan samapai kemateri yang lebih
  kompleks, dan didalam bagian akhir ini terdapat rangkuman refleksi diri serta
  evaluasi berupa soal-soal baik secara pilihan ganda ataupun esai berstruktur.
   
 | 
 
Butir
  21 
 | 
  
Keruntunan konsep 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Penyajian
  konsep disajikan secara runtun mulai dari yang mudah ke sukar, dari yang
  kongkret ke abstrak, dari yang sederhana ke kompleks, dan dari yang dikenal
  sampai yang belum dikenal. Materi bagian sebelumnya bisa membantu pemahaman materi
  pada bagian selanjutnya. 
 | 
  
Penyajian
  konsep dalam semua bab pada buku ini disajikan secara sistematis mulai dar
  sederhana berupa pengenalan subbab berlanjut kemateri yang kompleks. Setiap
  materi disajikan saling berkesinambungan dengan subbab sebelum atau
  sesudahnya dan telah terdapat contoh-contoh ilustrasi agar mempermudah
  pemahaman bagi peserta didik. Sehingga jika siswa sudah memahami isi subbab
  pertama dapat dengan mudah memahami subbab yang kedua begitupun selanjutnya.
  Halaman 57. Contoh
  materi yang bersangkutan pada bab sebelumnya yaitu bab 8 halaman 230 
 | 
 
B.    
  PENDUKUNG
  PENYAJIAN 
 | 
 ||
Butir
  22 
 | 
  
Pembangkit
  motivasi belajar pada awal bab 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Terdapat
  uraian tentang apa yang akan dicapai peserta didik setelah mempelajari bab
  tersebut dalam upaya membangkitkan motivasi belajar. 
 | 
  
Dalam
  buku ini telah terdapat uraian tentang apa yang akan dicapai peserta didik
  setelah mempelajari bab tesebut dalam upaya membangkitkan motivasi belajar.
  Cotohnya pada bab 1 halaman 1. Namun di
  dalam bab-bab yang dibahas dalam buku ini ada juga yang tidak terdapat
  tentang uraian yang akan diapai peserta didik, contohya pada bab 6. Tetapi di
  bab 6 ini terdapat uraian pembangkit motivaasi belajar seperti info-info
  tentang sejarah salah satu alat fisika dan contoh-contoh ilmuan fisika di
  halaman 170 (info
  alat fisika) dan halaman 164
  (tokoh ilmuwan fisika) 
 | 
 
Butir
  23 
 | 
  
Contoh-contoh
  soal dalam setiap bab (Tingkat kesulitan,PISA) 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Terdapat
  contoh-contoh soal yang dapat membantu menguatkan pemahaman konsep yang ada
  dalam materi. Setiap contoh perlu dilengkapi dengan bukti hasil percobaan
  (output). 
 | 
  
Dalam
  pembahasan di buku ini telah terdapat contoh-contoh soal yang dapat membantu
  menguatkan pemahaman konsep yang ada dalam materi. Setiap contoh juga sudah
  dilengkapi dengan bukti asil percobaan output (salah satu contoh yang
  terdapat dalam bab 6 halaman 159).  
 | 
 
Butir
  24 
 | 
  
Kata-kata
  kunci baru pada setiap awal bab 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Kata-kata
  kunci baru yang akan dipelajari pada bab terkait perlu disebutkan pada setiap
  awal tersebut. 
 | 
  
Dalam
  setiap bab sudah terdapat kata-kata kunci baru yang akan dipelajari pada bab
  terkait perlu disebutkan pada setiap awal bab tersebut 
 | 
 
Butir
  25 
 | 
  ||
Deskripsi 
 | 
  
Soal-soal
  yang dapat melatih kemampuan memahami dan menerapkan konsep yang berkaitan
  dengan materi dalam bab sebagai umpan balik disajikan pada setiap akhir bab. 
 | 
  
Dalam
  bab-bab yang terdapat dalam buku inisudah terdapat soal-soal yang melatih
  kemampuan memahami dan menerapkan konsep yang berkaitan dengan materi dalam
  bab sebagai umpan balik disajikan pada setiap akhir bab. Seperti contoh pada
  salah satu bab, yaitu bab 6 yang sudah terdapat latihan soal berupa 15 soal
  pilihan ganda, 10 soal uraian, adanya teka-teki silang dan tugas proyek
  membuat salah satu alat fisika.  
 | 
 
Butir
  26 
 | 
  
pengantar 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Pengantar
  pada awal buku berisi tujuan penulisan buku teks pelajaran FISIKA,
  sistematika buku, cara pengajaran termasuk materi apa saja yang harus
  diberikan ke peserta didik untuk satuan masa pengajaran atau satu semester
  tertentu, cara belajar yang harus diikuti, serta hal-hal lain yang dianggap
  penting bagi peserta didik. 
 | 
  
Pada
  pengantar buku PT. Bumi Aksara ini sudah mencakup tujuan penulisan buku teks
  pelajaran fisika, sistematika penyajian buku dan juga dilampirkan kompetensi
  inti dan kompetensi dasar, namun dalam buku ini tidak terdapat cara
  pengajaran dan cara belajar yang harus diikuti siswa. Seharusnya,buku ini
  mencantumkan cara pengajaran dan cara belajar yang baik sehingga terciptanya
  proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pembelajaran awal. 
 | 
 
Butir
  27 
 | 
  
Glosarium 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Glosarium berisi istilah-istilah penting dalam teks
  dengan penjelasan arti istilah tersebut dan ditulis alfabetis. 
 | 
  
Dalam
  buku PT. Bumi Aksara ini terdapat glosarium yang memuat cukup banyak istilah
  penting dalam teks materi setiap bab yang menjelaskan arti istilah penting
  tersebut. Penulisan glosarium ditulis secara alfabetis, sehingga memudahkan
  siswa mencari informasi istilah yang belum diketahuinya. 
 | 
 
Butir
  28 
 | 
  
Daftar Indeks
  (Subyek) 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Indeks
  subjek merupakan daftar kata penting yang diikuti dengan nomor halaman
  kemunculan. 
 | 
  
Pada
  buku terbitan PT Bumi Asara ini sudah terdapat indeks subjek berupa daftar
  kata penting ynag diikuti oleh nomor halaman dimana istilah itu ditemukan
  indeks subjek pada buku ini disusun secara alfabetis. 
 | 
 
Butir
  29 
 | 
  
Daftar Pustaka 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Daftar
  buku yang digunakan sebagai bahan rujukan dalam penulisan buku tersebut yang
  diawali dengan nama pengarang (yang disusun secara alfabetis), tahun
  terbitan, judul buku / majalah / makalah / arFisikael, tempat, dan nama
  penerbit, nama dan lokasi situs internet serta tanggal akses situs (jika
  memakai acuan yang memiliki situs). 
 | 
  
Penulisan
  daftar pustaka yang terdapat dalam buku terbitan PT Bumi Asara ini telah
  sesuai dengan aturan EYD dan ditulis secara alfabetis. Selain itu referensi
  yang dipakai penulis sudah cukup banyak karena sumber diambil dari luar
  maupun dalam negeri dan referensi yang digunakan ada yang terbaru yaitu
  memakai referensi tahun 1963-2013 
Halaman
  292 
 | 
 
Butir
  30 
 | 
  
Rangkuman 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Rangkuman
  merupakan konsep kunci bab yang bersangkutan yang dinyatakan dengan kalimat ringkas dan jelas, memudahkan peserta didik dalam
  memahami isi bab. 
 | 
  
Dalam
  bab-bab ini di buku ini sudah terdapat rangkuman yang ringkas dan jelas pada
  akhir bab dan telah mewakili isi dari bab yang disajikan sehingga dapat
  membantu pembaca dalam memahami materi tersebut. 
 | 
 
Butir
  31 
 | 
  
Lampiran 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Lampiran
  memuat informasi atau bahan pendukung, antara lain data dan program yang
  diujicobakan dalam buku dan bahan latihan lanjut. Lampiran bias disimpan
  dalam CD atau dapat diakses lewat internet. 
 | 
  
Dalam
  buku ini sudah terdapat lampiran atau bahan yang mendukung dan mencakup
  informasi, lampiran yang berupa tabel konstan, data teres trial, dan data astronomi. 
 | 
 
C. PENYAJIAN
  PEMBELAJARAN 
 | 
 ||
Butir
  32 
 | 
  
Keterlibatan
  Peserta Didik 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Penyajian
  materi bersifat interaktif dan partisipatif, ada bagian yang mengajak pembaca
  untuk berpartisipasi – misalnya dengan mengajak peserta didik mencoba latihan
  dengan data baru. 
 | 
  
Pada
  buku ini penyajian materi sudah bersifat interaktif dan partisipatif yang
  mengajak peserta didik untuk berpartisipasi. Terdapat
  ajakan agar peserta didik melakukan kegiatan praktikum. contohnya
  setelah pembahsan konsep dan penyajian contoh soal, diberikan beberapa soal
  untuk mengajak peserta didik turut berpartisipasi. 
Bab 1, hal 19 
. 
 | 
 
Butir
  33 
 | 
  
Kesesuaian
  dengan Karakteristik Fisika 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Metode dan
  pendekatan penyajian diarahkan ke metode inkuiri / eksperimen, di akhir
  setiap bab minimum memuat materi / latihan yang dapat dipraktikkan oleh
  peserta didik. 
 | 
  
sudah terdapat
  metode dan pendekatan yang diarahkan ke metode inkuiri dan eksperimen. 
Pada
  buku ini sudah terdapat beberapa praktikum sederhana yang dapat dipraktikkan
  oleh peserta didik yang sesuai dengan karakteristik fisika.  
Bab
  2 hal 41 
 | 
 
D. KOHERENSI
  DAN KERUNTUTAN 
 | 
 ||
Butir
  34 
 | 
  
Kertautan
  Antar Bab/Subbab/Alinea 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Penyampaian pesan antara subbab dengan bab lain/
  subbab dengan subbab/ antara alinea dalam subbab yang berdekatan mencerminkan
  keruntutan dan keterkaitan isi. 
 | 
  
Pada
  buku ini penyajian materi antar bab, subbab, dan alinea sudah menunjukkan
  ketertautan dan keterkaitan isi. 
 | 
 
Butir
  35 
 | 
  
Keutuhan Makna
  dalam Bab/Subbab/Alinea 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Pesan atau materi yang disajikan dalam suatu
  bab/subbab/alinea harus mencerminkan suatu tema. 
 | 
  
Penyajian
  materi antar bab, subbab, dan alinea sudah menunjukkan ketertautan dan
  keterkaitan isi dan merujuk pada satu topik materi. 
 | 
 
4       
KELAYAKAN
KEBAHASAAN
A.   
  LUGAS 
 | 
 ||
Butir
  36 
 | 
  
Ketepatan struktur
  kalimat 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Kalimat yang digunakan mewakili isi pesan atau
  informasi yang ingin disampaikan dengan tetap mengikuti tata kalimat Bahasa
  Indonesia. 
 | 
  
Penyusunan
  kata-kata sudah sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dan mengikuti
  aturan SPOK, dan pemakaian kata-kata pun sudah baku dan sesuai dengan Kamus
  Besar Bahasa Indonesia sehingga mampu mewakili informasi yang ingin
  disampaikan. 
 | 
 
Butir
  37 
 | 
  
Keefektifan
  kalimat 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Kalimat yang disampaikan sederhana dan langsung ke
  sasaran. 
 | 
  
Kalimat
  yang disajikan pada buku ini sudah cukup efektif(sederhana dan singkat) serta
  mudah dimengerti oleh peserta didik. Contohnya pada halaman 8, 39, 58 
 | 
 
Butir
  38 
 | 
  
Kebakuan
  istilah 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Istilah yang digunakan sesuai dengan Kamus Besar
  Bahasa Indonesia dan / atau adalah istilah teknis yang telah baku digunakan
  dalam FISIKA. Pada istilah teknis yang masih cukup asing diberikan
  penjelasannya pada glosarium. 
 | 
  
Istilah
  yang digunakan sudah sesuai dengan istilah teknis yang telah baku digunakan
  dalam FISIKA. 
Untuk
  istilah yang masih cukup asing telah diberikan penjelasan pada glosarium. 
Hal
  289 
 | 
 
B.    
  KOMUNIKATIF 
 | 
 ||
Butir
  39 
 | 
  
Pemahaman
  terhadap pesan atau informasi 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Pesan atau informasi disampaikan dengan bahasa yang
  menarik dan lazim dalam komunikasi tulis Bahasa Indonesia. 
 | 
  
Pada
  buku ini Pesan atau informasi sudah disampaikan dengan bahasa yang menarik
  dan lazim dalam komunikasi tulis Bahasa Indonesia  
Halaman 2 
 | 
 
C.   
  DIALOGIS
  DAN INTERAKTIF 
 | 
 ||
Butir
  40 
 | 
  
Kemampuan
  memotivasi peserta didik 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Bahasa yang digunakan membangkitkan rasa senang
  ketika peserta didik membacanya dan mendorong mereka untuk mempelajari buku
  tersebut secara tuntas. 
 | 
  
Bahasa
  yang digunakan pada buku  ini sudah
  cukup memotivasi peserta didik untuk mempelajari materi sampai tuntas. 
Contoh
  dapat dilihat pada awal setiap bab 
 | 
 
Butir
  41 
 | 
  
Mendorong
  berpikir kritis 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Bahasa yang digunakan mampu merangsang peserta didik
  untuk mempertanyakan suatu hal lebih jauh, dan mencari jawabnya secara
  mandiri dari buku teks atau sumber informasi lain. 
 | 
  
Bahasa
  yang digunakan mampu merangsang peserta didik untuk mempertanyakan suatu hal
  lebih jauh, dan mencari jawabnya secara mandiri dari buku teks atau sumber
  informasi lain. 
 | 
 
D.   
  KESESUAIAN
  DENGAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK 
 | 
 ||
Butir
  42 
 | 
  
Kesesuaian
  dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Bahasa yang digunakan dalam menjelaskan suatu konsep
  harus sesuai dengan tingkatperkembangan kognitif peserta didik. 
 | 
  
Penjelasan
  konsep-konsepnya sudah cukup sesuai dengan perkembangan pola fikir peserta
  didik secara kognitif sesuai dengan teori belajar Piaget pada tahap keempat
  yaitu operasional formal, dimana pada tahap ini peserta didik sudah mampu
  berpikir abstrak tidak
  hanya memahami sesuatu yang kongkret. 
 | 
 
Butir
  43 
 | 
  
Kesesuaian
  dengan tingkat perkembangan emosional peserta didik 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat
  kematangan emosional peserta didik. 
 | 
  
Bahasa
  yang digunakan sudah cukup sesuai dengan teori piaget, kosa kata remaja terus
  mengalami perkembangan seiring dengan bertambahnya referansi bacaan dengan topik-topik
  yang lebih kompleks sesuai dengan tingkat  perkembangan emosional peserta didik. 
Halaman
  214 
 | 
 
E.    
  KESESUAIAN
  DENGAN KAIDAH BAHASA INDONESIA 
 | 
 ||
Butir
  44 
 | 
  
Ketepatan tata
  bahasa 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Tata kalimat yang digunakan untuk menyampaikan pesan
  mengacu kepada kaidah tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 
 | 
  |
Butir
  45 
 | 
  
Ketepatan
  ejaan 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Ejaan yang digunakan mengacu kepada pedoman Ejaan
  Yang Disempurnakan. 
 | 
  
Ejaan
  yang digunakan dalam buku terbitan PT Bumi
  Aksara ini sebagian
  besar sudah sesuai dengan  EYD walaupun ada beberapa yang harus
  diperbaiki, tetapi masih bisa dipahami oleh peserta didik. 
 | 
 
F.    
  Penggunaan
  istilah, simbol atau ikon 
 | 
 ||
Butir
  46 
 | 
  
Konsistensi
  penggunaan istilah 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Penggunaan istilah yang menggambarkan satu konsep
  harus konsisten antar-bagian dalam buku. 
 | 
  
Ejaan
  yang digunakan dalam buku terbitan PT Bumi
  Aksara ini sebagian
  besar sudah sesuai dengan  EYD walaupun ada beberapa yang harus
  diperbaiki, tetapi masih bisa dipahami oleh peserta didik. 
 | 
 
Butir
  47 
 | 
  
Konsistensi
  penggunaan simbol atau ikon 
 | 
  |
Deskripsi 
 | 
  
Penggambaran simbol atau ikon harus konsisten
  antar-bagian dalam buku. 
 | 
  
Penggambaran simbol dan ikon untuk masing-masing
  konsep telah konsisten dari awal bab  sampai dengan akhir bab  
 | 
 
sayang bukunya belum bisa di unduh
BalasHapussayang bukunya belum bisa di unduh
BalasHapus