FORMAT TELAAH BUKU TEKS FISIKA SMA
IDENTITAS BUKU : NON BSE
JUDUL BUKU :
Konsep dan Penerapan FISIKA SMA/MA Kelas X
PENULIS :
Hari Subagya
PENERBIT
: Bumi Aksara
KOTA DAN TAHUN TERBIT : Jakarta dan Tahun 2014
JUMLAH BAB :
IX Bab
JUMLAH HALAMAN : 297
Halaman
JENJANG TUGAS : KELAS X
SEKOLAH
: SMA / MA
NOMOR ISBN
: 978-602-217-302-1
I.
KELAYAKAN
MATERI
A.
KESESUAIAN
URAIAN MATERI DENGAN KI DAN KD
|
||
Butir
1
|
Kelengkapan
materi
|
Komentar
|
Deskripsi
|
Materi
yang disajikan mencakup semua materi yang terkandung dalam Kompetensi Inti
(KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
|
Semua materi yang ada di dalam buku ini sudah terkandung dalam Kompetensi Inti (KI) dan Standar Kompetensi
(SK).
Lampiran : Silabus SMA
|
Butir
2
|
Keluasan
materi
|
|
Deskripsi
|
Materi yang disajikan mencerminkan jabaran yang
mendukung pencapaian semua Kompetensi Dasar (KD).
|
Semua materi yang disajikan pada buku ini
sudah mencerminkan jabaran yang mendukung semua Kompetensi Dasar (KD) contohnya :
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad
raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif,
teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif,
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi).
|
Butir
3
|
Kedalaman
materi
|
|
Deskripsi
|
Materi yang disajikan mulai dari pengenalan konsep,
definisi, prosedur, tampilan output, contoh, kasus, latihan, sampai dengan
interaksi antar konsep sesuai dengan tingkat
pendidikan peserta didik dan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi
Dasar (KD).
|
Semua materi pada setiap bab pada buku ini sudah disajikan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi Dasar (KD).
Setiap materi sudah ada interaksi antar-konsep sesuai dengan tingkat
pendidikan peserta didik .
|
B.
KEAKURATAN
MATERI
|
||
Butir
4
|
Keakuratan
versi dan spesifik materi
|
|
Deskripsi
|
Versi dan spesifikasi materi dinyatakan secara
eksplisit sehingga tidak membingungkan peserta didik.
|
Secara
umum spesifikasi materi dinyatakan secara eksplisit karena
dalam penyajiannya tidak abstrak dan dihubungkan / dianalogikan dengan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari, sehingga
mempermudah peserta didik dalam menyerap informasi. Contohnya pada bab 1 halaman 14. Namun
dalam bab 3 halaman 59 terdapat
spesifikasi materi yang kurang akurat ( contoh soal yang diketahui dengan
jawaban soal berbeda ).
|
Butir
5
|
Keakuratan
istilah
|
|
Deskripsi
|
Istilah-istilah teknis sesuai dengan kelaziman yang
berlaku di bidang/ilmu fisika.
|
Istilah-istilah
teknis yang digunakan setiap bab pada buku ini telah sesuai dengan bahasa
fisika pada umumnya.
|
Butir
6
|
Keakuratan
notasi, symbol dan ikon
|
|
Deskripsi
|
Notasi, simbol, dan ikon disajikan secara benar
menurut kelaziman yang digunakan dalam bidang/ilmu fisika.
|
Dalam
penyajian buku ini semua materinya sudah sesuai dengan
kelaziman yang digunakan dalam bidang/ilmu fisika pada umumnya.
|
Butir
7
|
Keakuratan acuan
pustaka
|
|
Deskripsi
|
Pustaka disajikan secara akurat serta setiap pustaka
acuan dalam teks dan sebaliknya setiap acuan dalam teks terdapat pustakanya.
|
Pada buku ini, dari bab 1 sampai bab 8 tidak
mencantumkan pustaka acuan. Sebaiknya buku ini mencantumkan
pustaka acuan untuk memperkuat keyakinan siswa yang mempelajari setiap materi
yang ada ( sehingga didapatkan data yang lebih akurat dan terperinci lagi
sebagai pedoman dalam proses pembelajaran ).
|
C.
KEMUTAKHIRAN
MATERI
|
||
Butir
8
|
Kesesuaian
materi dengan perkembangan fisika
|
|
Deskripsi
|
Materi yang disajikan aktual yaitu sesuai dengan
perkembangan keilmuan FISIKA.
|
Materi
yang disajikan dalam setiap bab pada
buku ini sudah aktual (sesuai dengan perkembangan ilmuan fisika).
|
Butir
9
|
Contoh dan
kasus aktual
|
|
Deskripsi
|
Contoh dan kasus aktual yaitu sesuai dengan
perkembangan keilmuan FISIKA.
|
Contoh
dan kasus aktual pada setiap bab pada buku ini sudah sesuai dengan
perkembangan keilmuan fisika.
|
Butir
10
|
Gambar,
diagram, dan ilustrasi actual.
|
|
Deskripsi
|
Gambar, diagram/ grafik dan ilustrasi diutamakan
yang aktual, dapat juga dilengkapi penjelasan/ perbandingan dengan perangkat
yang telah ada sebelumnya.
|
Pada
setiap bab banyak terdapat gambar, diagram/grafik serta ilustrasi yang
diberikan aktual, dilengkapi dengan penjelasan dan sumber gambar,
grafik/diagram dan ilustrasi tersebut.
|
Butir
11
|
Menggunakan
contoh dan kasus di Indonesia (Pribadi, lokal & Global)
|
|
Deskripsi
|
Contoh dan kasus disajikan sesuai dengan situasi
serta kondisi di Indonesia.
|
Pada
materi setiap bab ini terdapat contoh
dan kasus disajikan sesuai dengan situasi indonesia saat ini sebab
pengaplikasian materi sudah sesuai dengan kehidupan sehari-hari.
|
Butir
12
|
Kemutakhiran
pustaka
|
|
Deskripsi
|
Pustaka dipilih yang mutakhir.
|
Secara
keseluruhan buku ini sudah memiliki pustaka yang mutakhir atau terpercaya
salah satu contohnya seperti halaman 292
|
D.
MENDORANG
KEINGINTAHUAN
|
||
Butir
13
|
Mendorong rasa
ingin tahu
|
|
Deskripsi
|
Uraian, latihan atau contoh-contoh kasus yang
disajikan mendorong peserta didik untuk mengerjakannya lebih jauh dan
menumbuhkan kreativitas.
|
Disini banyak terdapat uraian-uraian, latihan-latihan
yang pastinya membuat rasa ingin tahu siswa untuk menyelesaikan.
|
Butir
14
|
Mendorong
keinginan untuk mencari informasi lebih jauh
|
|
Deskripsi
|
Terdapat link hypermedia yang dapat mendorong
keinginan peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh. Contoh :
diberikan link tentang software pengolahan kata yang dapat digunakan secara
gratis dll.
|
Iya, terdapat
link hypermedia yang dapat mendorong
keinginan peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh (link fisika) dan setelah dibuka, link tersebut
memang benar sesuai materi dan
menggunakan bahasa inggris.
|
E.
PRAKTIKUM
DAN KEWIRAUSAHAAN
|
||
Butir
15
|
Menyajikan
prosedur keselamatan kerja
|
|
Deskripsi
|
Uraian materi yang berkaitan dengan baik keamanan
perangkat data dan keselamatan manusia disertai prosedur keselamatan kerja
yang memadai.
|
Terdapat uraian materi yang berkaitan dengan keamanan
perangkat data maupun keselamatan kerja karena ada praktikum yang tercantum pada
bab ini yaitu tentang resultan vektor.
|
Butir
16
|
Menumbuhkan
semangat kewirausahaan
|
|
Deskripsi
|
Latihan atau contoh-contoh yang disajikan memotivasi
peserta didik untuk bekerja keras sehingga menghasilkan sesuatu yang
mempunyai nilai guna.
|
Contoh-contoh aplikasi konsep fisika yang dimuat
dalam buku ini hanya berpusat pada
pengembangan materi dan belum cukup untuk memotivasi siswa untuk menghasilkan
sesuatu yang bernilai guna.
|
Butir
17
|
Menumbuhkan
daya saing
|
|
Deskripsi
|
Latihan atau tugas yang disajikan memotivasi peserta
didik untuk menghasilkan sesuatu yang dimiliki nilai lebih. Contoh : aplikasi
konsep fisika yang bernilai ekonomis.
|
Latihan
dan tugas yang terdapat dalam bab ini hanya bersifat kognitif, sehingga tidak dapat memotivasi
siswa untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih.
|
Butir
18
|
Memberikan
tugas praktikum
|
|
Deskripsi
|
Tugas-tugas praktikum perlu diberikan baik untuk
perorangan maupun untuk kelompok.
|
Ada
fisika lab dalam setiap bab pada buku ini contohnya tentang resultan vektor.
|
Butir
19
|
Meningkatkan
keterampilan teknis
|
|
Deskripsi
|
Uraian prosedur penggunaan peralatan/ software yang
disajikan dapat diikuti dan dilaksanakan oleh peserta didik sehingga
meningkatkan keterampilan teknis dari peserta didik.
|
Iya ada
tetapi hanya untuk prosedur penggunaan peralatan, terdapat pada praktikum contohnya tentang resultan vektor yang dapat
meningkatkan keterampilan teknis dari peserta didik.
|
3
KELAYAKAN
PENYAJIAN
A.
TEKNIK
PENYAJIAN
|
||
Butir
20
|
Konsistensi
sistematika sajian dalam bab
|
|
Deskripsi
|
Sistematika penyajian dalam setiap bab taat terhadap
asas (memiliki pendahuluan, isi dan penutup).
|
Dalam
Pembahasan buku ini, tiap bab sudah menyajikan konsistensi. Di awal bab ada
pendahuluan mengenai aplikasi atau penerapan lansung dalam kehidupan sehari
yang sesuai dengan materi, terdapat ilustrasi gambar dan peta konsep di awal
materi. Dalam bagian isi tiap bab sudah tersusun secara terstruktur dimulai
dari materi dasar (sederhana) yang berkelanjutan samapai kemateri yang lebih
kompleks, dan didalam bagian akhir ini terdapat rangkuman refleksi diri serta
evaluasi berupa soal-soal baik secara pilihan ganda ataupun esai berstruktur.
|
Butir
21
|
Keruntunan konsep
|
|
Deskripsi
|
Penyajian
konsep disajikan secara runtun mulai dari yang mudah ke sukar, dari yang
kongkret ke abstrak, dari yang sederhana ke kompleks, dan dari yang dikenal
sampai yang belum dikenal. Materi bagian sebelumnya bisa membantu pemahaman materi
pada bagian selanjutnya.
|
Penyajian
konsep dalam semua bab pada buku ini disajikan secara sistematis mulai dar
sederhana berupa pengenalan subbab berlanjut kemateri yang kompleks. Setiap
materi disajikan saling berkesinambungan dengan subbab sebelum atau
sesudahnya dan telah terdapat contoh-contoh ilustrasi agar mempermudah
pemahaman bagi peserta didik. Sehingga jika siswa sudah memahami isi subbab
pertama dapat dengan mudah memahami subbab yang kedua begitupun selanjutnya.
Halaman 57. Contoh
materi yang bersangkutan pada bab sebelumnya yaitu bab 8 halaman 230
|
B.
PENDUKUNG
PENYAJIAN
|
||
Butir
22
|
Pembangkit
motivasi belajar pada awal bab
|
|
Deskripsi
|
Terdapat
uraian tentang apa yang akan dicapai peserta didik setelah mempelajari bab
tersebut dalam upaya membangkitkan motivasi belajar.
|
Dalam
buku ini telah terdapat uraian tentang apa yang akan dicapai peserta didik
setelah mempelajari bab tesebut dalam upaya membangkitkan motivasi belajar.
Cotohnya pada bab 1 halaman 1. Namun di
dalam bab-bab yang dibahas dalam buku ini ada juga yang tidak terdapat
tentang uraian yang akan diapai peserta didik, contohya pada bab 6. Tetapi di
bab 6 ini terdapat uraian pembangkit motivaasi belajar seperti info-info
tentang sejarah salah satu alat fisika dan contoh-contoh ilmuan fisika di
halaman 170 (info
alat fisika) dan halaman 164
(tokoh ilmuwan fisika)
|
Butir
23
|
Contoh-contoh
soal dalam setiap bab (Tingkat kesulitan,PISA)
|
|
Deskripsi
|
Terdapat
contoh-contoh soal yang dapat membantu menguatkan pemahaman konsep yang ada
dalam materi. Setiap contoh perlu dilengkapi dengan bukti hasil percobaan
(output).
|
Dalam
pembahasan di buku ini telah terdapat contoh-contoh soal yang dapat membantu
menguatkan pemahaman konsep yang ada dalam materi. Setiap contoh juga sudah
dilengkapi dengan bukti asil percobaan output (salah satu contoh yang
terdapat dalam bab 6 halaman 159).
|
Butir
24
|
Kata-kata
kunci baru pada setiap awal bab
|
|
Deskripsi
|
Kata-kata
kunci baru yang akan dipelajari pada bab terkait perlu disebutkan pada setiap
awal tersebut.
|
Dalam
setiap bab sudah terdapat kata-kata kunci baru yang akan dipelajari pada bab
terkait perlu disebutkan pada setiap awal bab tersebut
|
Butir
25
|
||
Deskripsi
|
Soal-soal
yang dapat melatih kemampuan memahami dan menerapkan konsep yang berkaitan
dengan materi dalam bab sebagai umpan balik disajikan pada setiap akhir bab.
|
Dalam
bab-bab yang terdapat dalam buku inisudah terdapat soal-soal yang melatih
kemampuan memahami dan menerapkan konsep yang berkaitan dengan materi dalam
bab sebagai umpan balik disajikan pada setiap akhir bab. Seperti contoh pada
salah satu bab, yaitu bab 6 yang sudah terdapat latihan soal berupa 15 soal
pilihan ganda, 10 soal uraian, adanya teka-teki silang dan tugas proyek
membuat salah satu alat fisika.
|
Butir
26
|
pengantar
|
|
Deskripsi
|
Pengantar
pada awal buku berisi tujuan penulisan buku teks pelajaran FISIKA,
sistematika buku, cara pengajaran termasuk materi apa saja yang harus
diberikan ke peserta didik untuk satuan masa pengajaran atau satu semester
tertentu, cara belajar yang harus diikuti, serta hal-hal lain yang dianggap
penting bagi peserta didik.
|
Pada
pengantar buku PT. Bumi Aksara ini sudah mencakup tujuan penulisan buku teks
pelajaran fisika, sistematika penyajian buku dan juga dilampirkan kompetensi
inti dan kompetensi dasar, namun dalam buku ini tidak terdapat cara
pengajaran dan cara belajar yang harus diikuti siswa. Seharusnya,buku ini
mencantumkan cara pengajaran dan cara belajar yang baik sehingga terciptanya
proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pembelajaran awal.
|
Butir
27
|
Glosarium
|
|
Deskripsi
|
Glosarium berisi istilah-istilah penting dalam teks
dengan penjelasan arti istilah tersebut dan ditulis alfabetis.
|
Dalam
buku PT. Bumi Aksara ini terdapat glosarium yang memuat cukup banyak istilah
penting dalam teks materi setiap bab yang menjelaskan arti istilah penting
tersebut. Penulisan glosarium ditulis secara alfabetis, sehingga memudahkan
siswa mencari informasi istilah yang belum diketahuinya.
|
Butir
28
|
Daftar Indeks
(Subyek)
|
|
Deskripsi
|
Indeks
subjek merupakan daftar kata penting yang diikuti dengan nomor halaman
kemunculan.
|
Pada
buku terbitan PT Bumi Asara ini sudah terdapat indeks subjek berupa daftar
kata penting ynag diikuti oleh nomor halaman dimana istilah itu ditemukan
indeks subjek pada buku ini disusun secara alfabetis.
|
Butir
29
|
Daftar Pustaka
|
|
Deskripsi
|
Daftar
buku yang digunakan sebagai bahan rujukan dalam penulisan buku tersebut yang
diawali dengan nama pengarang (yang disusun secara alfabetis), tahun
terbitan, judul buku / majalah / makalah / arFisikael, tempat, dan nama
penerbit, nama dan lokasi situs internet serta tanggal akses situs (jika
memakai acuan yang memiliki situs).
|
Penulisan
daftar pustaka yang terdapat dalam buku terbitan PT Bumi Asara ini telah
sesuai dengan aturan EYD dan ditulis secara alfabetis. Selain itu referensi
yang dipakai penulis sudah cukup banyak karena sumber diambil dari luar
maupun dalam negeri dan referensi yang digunakan ada yang terbaru yaitu
memakai referensi tahun 1963-2013
Halaman
292
|
Butir
30
|
Rangkuman
|
|
Deskripsi
|
Rangkuman
merupakan konsep kunci bab yang bersangkutan yang dinyatakan dengan kalimat ringkas dan jelas, memudahkan peserta didik dalam
memahami isi bab.
|
Dalam
bab-bab ini di buku ini sudah terdapat rangkuman yang ringkas dan jelas pada
akhir bab dan telah mewakili isi dari bab yang disajikan sehingga dapat
membantu pembaca dalam memahami materi tersebut.
|
Butir
31
|
Lampiran
|
|
Deskripsi
|
Lampiran
memuat informasi atau bahan pendukung, antara lain data dan program yang
diujicobakan dalam buku dan bahan latihan lanjut. Lampiran bias disimpan
dalam CD atau dapat diakses lewat internet.
|
Dalam
buku ini sudah terdapat lampiran atau bahan yang mendukung dan mencakup
informasi, lampiran yang berupa tabel konstan, data teres trial, dan data astronomi.
|
C. PENYAJIAN
PEMBELAJARAN
|
||
Butir
32
|
Keterlibatan
Peserta Didik
|
|
Deskripsi
|
Penyajian
materi bersifat interaktif dan partisipatif, ada bagian yang mengajak pembaca
untuk berpartisipasi – misalnya dengan mengajak peserta didik mencoba latihan
dengan data baru.
|
Pada
buku ini penyajian materi sudah bersifat interaktif dan partisipatif yang
mengajak peserta didik untuk berpartisipasi. Terdapat
ajakan agar peserta didik melakukan kegiatan praktikum. contohnya
setelah pembahsan konsep dan penyajian contoh soal, diberikan beberapa soal
untuk mengajak peserta didik turut berpartisipasi.
Bab 1, hal 19
.
|
Butir
33
|
Kesesuaian
dengan Karakteristik Fisika
|
|
Deskripsi
|
Metode dan
pendekatan penyajian diarahkan ke metode inkuiri / eksperimen, di akhir
setiap bab minimum memuat materi / latihan yang dapat dipraktikkan oleh
peserta didik.
|
sudah terdapat
metode dan pendekatan yang diarahkan ke metode inkuiri dan eksperimen.
Pada
buku ini sudah terdapat beberapa praktikum sederhana yang dapat dipraktikkan
oleh peserta didik yang sesuai dengan karakteristik fisika.
Bab
2 hal 41
|
D. KOHERENSI
DAN KERUNTUTAN
|
||
Butir
34
|
Kertautan
Antar Bab/Subbab/Alinea
|
|
Deskripsi
|
Penyampaian pesan antara subbab dengan bab lain/
subbab dengan subbab/ antara alinea dalam subbab yang berdekatan mencerminkan
keruntutan dan keterkaitan isi.
|
Pada
buku ini penyajian materi antar bab, subbab, dan alinea sudah menunjukkan
ketertautan dan keterkaitan isi.
|
Butir
35
|
Keutuhan Makna
dalam Bab/Subbab/Alinea
|
|
Deskripsi
|
Pesan atau materi yang disajikan dalam suatu
bab/subbab/alinea harus mencerminkan suatu tema.
|
Penyajian
materi antar bab, subbab, dan alinea sudah menunjukkan ketertautan dan
keterkaitan isi dan merujuk pada satu topik materi.
|
4
KELAYAKAN
KEBAHASAAN
A.
LUGAS
|
||
Butir
36
|
Ketepatan struktur
kalimat
|
|
Deskripsi
|
Kalimat yang digunakan mewakili isi pesan atau
informasi yang ingin disampaikan dengan tetap mengikuti tata kalimat Bahasa
Indonesia.
|
Penyusunan
kata-kata sudah sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dan mengikuti
aturan SPOK, dan pemakaian kata-kata pun sudah baku dan sesuai dengan Kamus
Besar Bahasa Indonesia sehingga mampu mewakili informasi yang ingin
disampaikan.
|
Butir
37
|
Keefektifan
kalimat
|
|
Deskripsi
|
Kalimat yang disampaikan sederhana dan langsung ke
sasaran.
|
Kalimat
yang disajikan pada buku ini sudah cukup efektif(sederhana dan singkat) serta
mudah dimengerti oleh peserta didik. Contohnya pada halaman 8, 39, 58
|
Butir
38
|
Kebakuan
istilah
|
|
Deskripsi
|
Istilah yang digunakan sesuai dengan Kamus Besar
Bahasa Indonesia dan / atau adalah istilah teknis yang telah baku digunakan
dalam FISIKA. Pada istilah teknis yang masih cukup asing diberikan
penjelasannya pada glosarium.
|
Istilah
yang digunakan sudah sesuai dengan istilah teknis yang telah baku digunakan
dalam FISIKA.
Untuk
istilah yang masih cukup asing telah diberikan penjelasan pada glosarium.
Hal
289
|
B.
KOMUNIKATIF
|
||
Butir
39
|
Pemahaman
terhadap pesan atau informasi
|
|
Deskripsi
|
Pesan atau informasi disampaikan dengan bahasa yang
menarik dan lazim dalam komunikasi tulis Bahasa Indonesia.
|
Pada
buku ini Pesan atau informasi sudah disampaikan dengan bahasa yang menarik
dan lazim dalam komunikasi tulis Bahasa Indonesia
Halaman 2
|
C.
DIALOGIS
DAN INTERAKTIF
|
||
Butir
40
|
Kemampuan
memotivasi peserta didik
|
|
Deskripsi
|
Bahasa yang digunakan membangkitkan rasa senang
ketika peserta didik membacanya dan mendorong mereka untuk mempelajari buku
tersebut secara tuntas.
|
Bahasa
yang digunakan pada buku ini sudah
cukup memotivasi peserta didik untuk mempelajari materi sampai tuntas.
Contoh
dapat dilihat pada awal setiap bab
|
Butir
41
|
Mendorong
berpikir kritis
|
|
Deskripsi
|
Bahasa yang digunakan mampu merangsang peserta didik
untuk mempertanyakan suatu hal lebih jauh, dan mencari jawabnya secara
mandiri dari buku teks atau sumber informasi lain.
|
Bahasa
yang digunakan mampu merangsang peserta didik untuk mempertanyakan suatu hal
lebih jauh, dan mencari jawabnya secara mandiri dari buku teks atau sumber
informasi lain.
|
D.
KESESUAIAN
DENGAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
|
||
Butir
42
|
Kesesuaian
dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik
|
|
Deskripsi
|
Bahasa yang digunakan dalam menjelaskan suatu konsep
harus sesuai dengan tingkatperkembangan kognitif peserta didik.
|
Penjelasan
konsep-konsepnya sudah cukup sesuai dengan perkembangan pola fikir peserta
didik secara kognitif sesuai dengan teori belajar Piaget pada tahap keempat
yaitu operasional formal, dimana pada tahap ini peserta didik sudah mampu
berpikir abstrak tidak
hanya memahami sesuatu yang kongkret.
|
Butir
43
|
Kesesuaian
dengan tingkat perkembangan emosional peserta didik
|
|
Deskripsi
|
Bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat
kematangan emosional peserta didik.
|
Bahasa
yang digunakan sudah cukup sesuai dengan teori piaget, kosa kata remaja terus
mengalami perkembangan seiring dengan bertambahnya referansi bacaan dengan topik-topik
yang lebih kompleks sesuai dengan tingkat perkembangan emosional peserta didik.
Halaman
214
|
E.
KESESUAIAN
DENGAN KAIDAH BAHASA INDONESIA
|
||
Butir
44
|
Ketepatan tata
bahasa
|
|
Deskripsi
|
Tata kalimat yang digunakan untuk menyampaikan pesan
mengacu kepada kaidah tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|
Butir
45
|
Ketepatan
ejaan
|
|
Deskripsi
|
Ejaan yang digunakan mengacu kepada pedoman Ejaan
Yang Disempurnakan.
|
Ejaan
yang digunakan dalam buku terbitan PT Bumi
Aksara ini sebagian
besar sudah sesuai dengan EYD walaupun ada beberapa yang harus
diperbaiki, tetapi masih bisa dipahami oleh peserta didik.
|
F.
Penggunaan
istilah, simbol atau ikon
|
||
Butir
46
|
Konsistensi
penggunaan istilah
|
|
Deskripsi
|
Penggunaan istilah yang menggambarkan satu konsep
harus konsisten antar-bagian dalam buku.
|
Ejaan
yang digunakan dalam buku terbitan PT Bumi
Aksara ini sebagian
besar sudah sesuai dengan EYD walaupun ada beberapa yang harus
diperbaiki, tetapi masih bisa dipahami oleh peserta didik.
|
Butir
47
|
Konsistensi
penggunaan simbol atau ikon
|
|
Deskripsi
|
Penggambaran simbol atau ikon harus konsisten
antar-bagian dalam buku.
|
Penggambaran simbol dan ikon untuk masing-masing
konsep telah konsisten dari awal bab sampai dengan akhir bab
|
sayang bukunya belum bisa di unduh
BalasHapussayang bukunya belum bisa di unduh
BalasHapus