Penghantar

Blog ini dibuat oleh mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya yang mengambil mata kuliah Telaah Buku Teks

Jumat, 05 Desember 2014

Telaah Buku Teks Fisika SMA/MA Kelas X Yrama Widya



FORMAT TELAAH BUKU TEKS FISIKA SMA



IDENTITAS BUKU                            : NON BSE

JUDUL BUKU                                    : FISIKA untuk SMA/MA Kelas X Peminatan

PENULIS                                            : Sunardi dan Siti Zenab

 PENERBIT                                         : YRAMA WIDYA

KOTA DAN TAHUN TERBIT            : Bandung, 2013

JUMLAH BAB                                     : 8 BAB

JUMLAH HALAMAN                         : 352 halaman

JENJANG TUGAS                               : Kelas

SEKOLAH                                           : SMA/MA

NOMOR ISBN                                    : 978-602-277-077-0


I.       KELAYAKAN MATERI
A.     KESESUAIAN URAIAN MATERI DENGAN KI DAN KD
Butir 1
Kelengkapan materi
Komentar
Deskripsi
Materi yang disajikan mencakup semua materi yang terkandung dalam Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
Semua materi yang ada di dalam buku ini sudah terkandung dalam Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
KI dan KD terdapat di halaman ix dan x
Butir 2
Keluasan materi

Deskripsi
Materi yang disajikan mencerminkan jabaran yang mendukung pencapaian semua Kompetensi Dasar (KD).
Semua materi yang disajikan mencerminkan jabaran yang mendukung semua Kompetensi Dasar (KD). Hal ini dapat dibuktikan dari sikap yang nantinya akan terbentuk setelah mempelajari setiap bab nya.
BAB 1 : halaman 33
BAB 2 : halaman 65
BAB 3 : halaman 112
BAB 4 : halaman 135
BAB 5 : halaman 173
BAB 6 : halaman 207
BAB 7 : halaman 249
Butir 3
Kedalaman materi

Deskripsi
Materi yang disajikan mulai dari pengenalan konsep, definisi, prosedur, tampilan output, contoh, kasus, latihan, sampai dengan interaksi antar konsep sesai dengan tingkat pendidikan peserta didik dan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi Dasar (KD).
Semua materi yang disajikan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi Dasar (KD).
Sesuai silabus kelas x
B.     KEAKURATAN MATERI
Butir 4
Keakuratan versi dan spesifik materi

Deskripsi
Versi dan spesifikasi materi dinyatakan secara eksplisit sehingga tidak membingungkan peserta didik.
Spesifikasi materi dinyatakan secara eksplisit karena dalam penyajiannya tidak abstrak dan dihubungkan /  dianalogikan dengan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mempermudah peserta didik dalam menyerap informasi.
(Halaman : 1, 41, 77, 117, 145,181, 217, 225)
Butir 5
Keakuratan istilah

Deskripsi
Istilah-istilah teknis sesuai dengan kelaziman yang berlaku di bidang/ilmu fisika.
Istilah-istilah teknis yang digunakan dalam buku YRAMA WIDYA ini telah sesuai dengan bahasa fisika pada umumnya.
(Halaman : 2, 42, 78, 118, 146, 182, 218,226)
Butir 6
Keakuratan notasi, symbol dan ikon

Deskripsi
Notasi, simbol, dan ikon disajikan secara benar menurut kelaziman yang digunakan dalam bidang/ilmu fisika.
Notasi, simbol dan ikon dalam buku YRAMA WIDYA ini telah sesuai dengan kelaziman yang digunakan dalam bidang/ilmu fisika pada umumnya.
BAB 1: halaman 8, 12, 13, 18, 20, 21, 26, 27, 28, 30, dan 31
BAB 2 : halaman 44, 46, 47, 50, 51, 54, 55, 59, dan 62
BAB 3 : halaman 81, 84, 87, 90, 91, 95, dan 103
BAB 4 : halaman 119, 120, 122, 123, 125, 126, 127, 128, 129, 130, 131, dan 132
BAB 5 :halaman 147, 148, 149, 152, 154, 155, 159, 163, 165, 167, dan 169
BAB 6 : halaman 183, 185, 187, 193, 194, 197, 201, 203, dan 204
BAB 7 : halaman 219, 220, 221, 223, 224, 225, 226, 227, 228, 230, 232, 233, 234, 235, 236, 242, dan 244
Butir 7
Keakuratan acuan pustaka

Deskripsi
Pustaka disajikan secara akurat serta setiap pustaka acuan dalam teks dan sebaliknya setiap acuan dalam teks terdapat pustakanya.
Pada buku YRAMA WIDYA ini, dari bab 1 sampai bab 8 tidak mencantumkan pustaka acuan. Sebaiknya buku YRAMA WIDYA ini pada setiap babnya memberikan pustaka acuan, untuk menyakinkan serta menambahkan pengetahuan pembaca.

C.     KEMUTAKHIRAN MATERI
Butir 8
Kesesuaian materi dengan perkembangan fisika

Deskripsi
Materi yang disajikan aktual yaitu sesuai dengan perkembangan keilmuan FISIKA.
Materi yang disajikan pada buku YRAMA WIDYA ini sudah sesuai dengan perkembangan keilmuan fisika.
BAB 1 : halaman 7
BAB 2 : halaman 46
BAB 3 : halaman 79
BAB 4 : halaman 132 
BAB 6 : halaman 188
BAB 7 : halaman 220
Butir 9
Contoh dan kasus aktual

Deskripsi
Contoh dan kasus aktual yaitu sesuai dengan perkembangan keilmuan FISIKA.
Contoh dan kasus pada buku yramawidya ini disajikan aktual dan sesuai dengan perkembangan keilmuan fisika.
BAB 1 : halaman 7
BAB 2 : halaman 46
BAB 3 : halaman 79, 90, dan 96
BAB 4 : halaman 131 dan 132
BAB 5 : halaman 162
BAB 6 : halaman 199 dan 200
BAB 7 : halaman 235
Butir 10
Gambar, diagram, dan ilustrasi actual.

Deskripsi
Gambar, diagram/ grafik dan ilustrasi diutamakan yang aktual, dapat juga dilengkapi penjelasan/ perbandingan dengan perangkat yang telah ada sebelumnya.
Gambar, diagram/ grafik dan ilustrasi pada buku YRAMA WIDYA ini sudah actual seperti kehidupan sehari-hari.
BAB 1 : halaman 18
BAB 2 : halaman 54 dan 55
BAB 3 : halaman 95
BAB 5 : halaman 162
BAB 6 : halaman 199 dan 200
BAB 7 : halaman 235
Butir 11
Menggunakan contoh dan kasus di Indonesia (Pribadi, lokal & Global)

Deskripsi
Contoh dan kasus disajikan sesuai dengan situasi serta kondisi di Indonesia.
Contoh dan kasus yang disajikan pada buku yramawidya ini telah sesuai dengan situasi di Indonesia karena banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
BAB 1 : halaman 3, 6, dan 7
BAB 2 : halaman 56
BAB 3 : halaman 96, 98, 99, 101, 102, dan 103
BAB 4 : halaman 133
BAB 5 : halaman 172
BAB 6 : halaman 206
BAB 7 : halaman 223
Butir 12
Kemutakhiran pustaka

Deskripsi
Pustaka dipilih yang mutakhir.
Buku ini memiliki pustaka yang mutakhir dapat dilihat pada daftar pustaka halaman 336
D.     MENDORONG KEINGINTAHUAN
Butir 13
Mendorong rasa ingin tahu

Deskripsi
Uraian, latihan atau contoh-contoh kasus yang disajikan mendorong peserta didik untuk mengerjakannya lebih jauh dan menumbuhkan kreativitas.
Untuk uraian dan latihan, masih terdapat beberapa contoh soal yang cenderung monoton dan tidak memerlukan analisa mendalam, namun hal ini dapat diimbangi dengan adanya beberapa praktikum yang mampu memicu tumbuhnya kreativitas dan rasa ingin tahu dari peserta didik itu sendiri.
Halaman 160
Butir 14
Mendorong keinginan untuk mencari informasi lebih jauh

Deskripsi
Terdapat link hypermedia yang dapat mendorong keinginan peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh. Contoh : diberikan link tentang software pengolahan kata yang dapat digunakan secara gratis dll.
Di dalam tiap bab pada buku ini sudah mencakup link hypermedia yang memberikan informasi baru tentang fisika.
BAB 1 : halaman 8, 15, 21, 24, dan 31
BAB 2 : halaman 46, dan 59
BAB 3 : halaman 85
BAB 4 : halaman 126 dan 129
BAB 5 : halaman 148 dan 167
BAB 6 : halaman 188 dan 203
BAB 7 : halaman 224
E.     PRAKTIKUM DAN KEWIRAUSAHAAN
Butir 15
Menyajikan prosedur keselamatan kerja

Deskripsi
Uraian materi yang berkaitan dengan baik keamanan perangkat data dan keselamatan manusia disertai prosedur keselamatan kerja yang memadai.
Di dalam buku ini tidak terdapat uraian materi yang berkaitan dengan keamanan perangkat data dan keselamatan manusia serta prosedur keselamatan kerja, yang ada hanyalah prosedur kerja dalam melaksanakan praktikum.
Butir 16
Menumbuhkan semangat kewirausahaan

Deskripsi
Latihan atau contoh-contoh yang disajikan memotivasi peserta didik untuk bekerja keras sehingga menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai guna.
Belum memiliki latihan atau contoh untuk memotivasi peserta didik bekerja keras sehingga menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai guna. Buku YRAMA WIDYA ini hanya menyuruh peserta didik melakukan percobaan dan menemukan sendiri contoh dengan kehidupan sekitar  tanpa memotivasi mereka.
Butir 17
Menumbuhkan daya saing

Deskripsi
Latihan atau tugas yang disajikan memotivasi peserta didik untuk menghasilkan sesuatu yang dimiliki nilai lebih. Contoh : aplikasi konsep fisika yang bernilai ekonomis.
Pada buku ini terdapat banyak contoh soal dan kegiatan siswa yang mampu memotivasinya dalam bersaing dengan temannya, seperti contoh kecepatan dan ketepatan dalam merakit alat saat praktikum.
BAB 1
Kegiatan siswa : halaman 7, 8, 11, 16, 19, dan 23
Contoh soal : halaman 5, 7, 9, 12, 14, 15, 23, 29, dan 30
BAB 2
Kegiatan siswa : halaman 49, 50, 52, 53, 54, dan 61
Contoh soal : halaman 44, 45, 47, 51, 56, 57, dan 60
BAB 3
Kegiatan siswa : halaman 83, 84, 85, 86, 87, 89, 94, 95, dan 103
Contoh soal : halaman 81, 88, 92, 93, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103, dan 104
BAB 4
Kegiatan siswa : halaman 121, 124, 133, 134, dan 135
Contoh soal : halaman 120, 121, 122, 123, 124, 128, 130, 132, dan 133
BAB 5
Kegiatan siswa : halaman 151, 152, 153,  157, 160, 161 dan 162
Contoh soal : halaman 150, 153, 156, 160, 164, 166, 168, dan 170
BAB 6
Kegiatan siswa : halaman 184, 186, 191, 195 dan 198
Contoh soal : halaman 185, 186, 187, 189, 192, 193, 194, 195,  197, 201 dan 205
BAB 7
Kegiatan siswa : halaman 222, 226, 230, 231, 233, 234, 240, 241, 242, 243, dan 245
Contoh soal : halaman 221, 226, 227, 229, 233, 236, 237, dan 244, 245
Butir 18
Memberikan tugas praktikum

Deskripsi
Tugas-tugas praktikum perlu diberikan baik untuk perorangan maupun untuk kelompok.
Pada bab Gaya Pegas ini, tugas-tugas praktikum seperti pertanyaan telah diberikan setelah peserta didik melakukan praktek, namun tidak dijelaskan apakah harus dikerjakan perorangan ataupun per kelompok.
BAB 1 : halaman 23
BAB 2 : halaman  50 dan 54
BAB 3 : halaman 84,  87, 89, dan 95
BAB 4 : tidak ada praktikum pada bab ini
BAB 5 : halaman 152 dan 162
BAB 6 : halaman 191 dan 198
BAB 7 : halaman 230, 231, 233, 234, 240, 241, 242 dan 243
Butir 19
Meningkatkan keterampilan teknis

Deskripsi
Uraian prosedur penggunaan peralatan/ software yang disajikan dapat diikuti dan dilaksanakan oleh peserta didik sehingga meningkatkan keterampilan teknis dari peserta didik.
Pada buku ini, sebagian besar kegiatan praktikum memberikan prosedurnya, sehingga peserta didik mampu mempraktekkan nya tanpa bimbingan dari guru.
BAB 1 : halaman 23
BAB 2 : halaman 49 dan 54
BAB 3 : halaman 83, 84, 85-87, 89, dan 94
BAB 4 : tidak ada praktikum
BAB 5 : halaman 151-152 dan 160-161
BAB 6 : halaman 191 dan 198
BAB 7 : halaman 230, 231, 233, 234, 240, 241, 242 dan 243

II.    KELAYAKAN PENYAJIAN
A.     TEKNIK PENYAJIAN
Butir 20
Konsistensi sistematika sajian dalam bab

Deskripsi
Sistematika penyajian dalam setiap bab taat terhadap asas (memiliki pendahuluan, isi dan penutup).
Pada buku ini, konsistensi penyajian dalam setiap subbab sudah konsisten. Di awal bab ada pendahuluan mengenai aplikasi atau penerapan langsung dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan materi, terdapat ilustrasi gambar dan peta konsep   di awal materi. Isi yang terstruktur dimulai dari materi dasar (sederhana) yang berkelanjutan sampai ke materi yang lebih kompleks. Di akhir baba da penutup yang berisi rangkuman dan soal-soal evaluasi berdasarkan isi dari bab.
Butir 21
Keruntunan konsep

Deskripsi
Penyajian konsep disajikan secara runtun mulai dari yang mudah ke sukar, dari yang kongkret ke abstrak, dari yang sederhana ke kompleks, dan dari yang dikenal sampai yang belum dikenal. Materi bagian sebelumnya bisa membantu pemahaman materi pada bagian selanjutnya.
Setelah menelaah buku ini , semua keruntunan konsepnya sudah diuat sangat jelas runtunnya, dari yang dasar (sederhana) berlanjut ke yang kompleks dimana diperlukan beberapa konsep dasar untuk memahaminya. Begitu juga penjabaran materinya, untuk memahami subbab kedua harus memahami subbab pertama, dan seterusnya hingga memahami seluruh materi bab.
B.     PENDUKUNG PENYAJIAN
Butir 22
Pembangkit motivasi belajar pada awal bab

Deskripsi
Terdapat uraian tentang apa yang akan dicapai peserta didik setelah mempelajari bab tersebut dalam upaya membangkitkan motivasi belajar.
Dalam buku YRAMA WIDYA ini terdapat penjabaran apa saja yang harus dikuasai pada setiap awal subbab. Berbagai kegiatan pun tersedia untuk mengajak siswa berpikir dan melatih keterampilannya sebagai salah satu hal yang mesti dikuasai oleh siswa.
Butir 23
Contoh-contoh soal dalam setiap bab (Tingkat kesulitan,PISA)

Deskripsi
Terdapat contoh-contoh soal yang dapat membantu menguatkan pemahaman konsep yang ada dalam materi. Setiap contoh perlu dilengkapi dengan bukti hasil percobaan (output).
Dalam buku ini terdapat berbagai contoh soal dan penyelesaian pada tiap subbab yang dapat memperjelaskan peserta didik dalam mengaplikasikan rumus-rumus yang telah dijabarkan sebelumnya. Ada beberapa contoh soal yang masih bersifat sederhana dan ada juga yang sudah termasuk soal menengah sehingga peserta didik telah memiliki gambaran untuk mengerjakan soal-soal yang lumayan sulit.
BAB 1 : halaman 5, 7, 9, 12, 14, 15, 23, 29, dan 30
BAB 2 : halaman 44, 45, 47, 51, 56, 57, 60, 61, 62,  63, dan 64
BAB 3 : halaman81, 88, 92, 93, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103, 104, dan 106, 107, 108, 109, dan 110
BAB 4 : halaman 120, 121, 122, 123, 124, 128,130, 132, dan 133
BAB 5 : halaman150, 153, 156, 160, 164, 166, 168, dan 170
BAB 6 : halaman 185, 186, 187, 189, 192, 193, 194, 195, 197, dan 201
BAB 7 : halaman 221, 226, 227, 229, 233, 236 dan 237
Butir 24
Kata-kata kunci baru pada setiap awal bab

Deskripsi
Kata-kata kunci baru yang akan dipelajari pada bab terkait perlu disebutkan pada setiap awal tersebut.
Dalam setiap bab pada buku ini, kata-kata kunci akan hal yang akan dipelajari terdapat di awal bab yaitu setelah peta konsep, namun kata kunci yang diberikan hanya sedikit dan bersifat umum.
BAB 1 : halaman 2
BAB 2 : halaman 42
BAB 3 : halaman 78
BAB 4 : halaman 118
BAB 5 : halaman 146
BAB 6 : halaman 182
BAB 7 : halaman 218
Butir 25
Soal latihan pada setiap akhir bab (Variasi tingkat kesulitan, PISA)

Deskripsi
Soal-soal yang dapat melatih kemampuan memahami dan menerapkan konsep yang berkaitan dengan materi dalam bab sebagai umpan balik disajikan pada setiap akhir bab.
Pada setiap akhir bab buku ini latihan soal berupa evaluasi yang terdiri dari soal pilihan ganda, soal uraian dan tugas portofolio yang dapat dijadikan bahan evaluasi antara guru dan peserta didik.
BAB 1 : halaman 37, 38, 39, dan 40
BAB 2 : halaman 68, 69, 70, dan 71
BAB 3 : halaman 114, 115, dan 116
BAB 4 : halaman 137, 138, dan 139
BAB 5 : halaman 177, 178, 179, dan 180
BAB 6 : halaman 211, 212, dan 213
BAB 7 : halaman 251, 252, 253, dan 254
Butir 26
Pengantar

Deskripsi
Pengantar pada awal buku berisi tujuan penulisan buku teks pelajaran FISIKA, sistematika buku, cara pengajaran termasuk materi apa saja yang harus diberikan ke peserta didik untuk satuan masa pengajaran atau satu semester tertentu, cara belajar yang harus diikuti, serta hal-hal lain yang dianggap penting bagi peserta didik.
Pada pengantar buku YRAMA WIDYA ini sudah mencakup tujuan penulisan buku teks pelajaran FISIKA, sistematika penyajian buku dan juga dilampirkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, namun satu hal yang kurang yaitu tidak mencakup cara pengajaran yang harus diberikan ke peserta didik.
(halaman iii, iv, v, ix, dan x)
Butir 27
Glosarium

Deskripsi
Glosarium berisi istilah-istilah penting dalam teks dengan penjelasan arti istilah tersebut dan ditulis alfabetis.
Dalam buku YRAMA WIDYA ini terdapat glosarium yang memuat cukup banyak istilah penting yang disusun secara alfabetis yang mempermudah pencarian istilah. (halaman 331, 332, 333, 334, dan 335)
Butir 28
Daftar Indeks (Subyek)

Deskripsi
Indeks subjek merupakan daftar kata penting yang diikuti dengan nomor halaman kemunculan.
Dalam buku YRAMA WIDYA ini sudah terdapat indeks subjek yang tersusun secara alfabetis dan daftar kata penting yang diikuti oleh nomor halaman dimana istilah tersebut ditemukan indeks subjeknya. (halaman 339, 340, 341, dan 342)
Butir 29
Daftar Pustaka

Deskripsi
Daftar buku yang digunakan sebagai bahan rujukan dalam penulisan buku tersebut yang diawali dengan nama pengarang (yang disusun secara alfabetis), tahun terbitan, judul buku / majalah / makalah / arFisikael, tempat, dan nama penerbit, nama dan lokasi situs internet serta tanggal akses situs (jika memakai acuan yang memiliki situs).
Sistematika daftar pustaka yang terdapat dalam buku YRAMA WIDYA ini sudah secara alfabetis dan sesuai dengan aturan EYD. Referensi yang dipakai oleh penulis juga sdah cukup banyak baik dari dalam negeri maupun luar negeri, tetapi ada satu referensi di antaranya tidak memiliki nama pengarang serta tidak tersedianya daftar pustaka dalam bentuk website. (halaman 336)
Butir 30
Rangkuman

Deskripsi
Rangkuman merupakan konsep kunci bab yang bersangkutan yang dinyatakan dengan kaliat ringkas dan jelas, memudahkan peserta didik dalam memahami isi bab.
Terdapat rangkuman yang ringkas dan jelas pada akhir bab dan telah mewakili isi dari bab yang disajikan sehingga dapat membantu pembaca dalam memahami materi tersebut.
BAB 1: halaman 33, 34, dan 35
BAB 2 : halaman 65, 66, dan 67
BAB 3 : halaman 112
BAB 4 : halaman 135
BAB 5 : halaman 174 dan 175
BAB 6 : halaman 208 dan 209
BAB 7 : halaman 249 dan 250
Butir 31
Lampiran

Deskripsi
Lampiran memuat informasi atau bahan pendukung, antara lain data dan program yang diujicobakan dalam buku dan bahan latihan lanjut. Lampiran bias disimpan dalam CD atau dapat diakses lewat internet.
Dalam buku YRAMA WIDYA ini sudah mencakup lampiran yang memuat informasi berupa data numerik yang terdiri dari data terrestrial, data astronomi dan beberapa bilangan konstanta. (halaman 337 dan 338)
C. PENYAJIAN PEMBELAJARAN
Butir 32
Keterlibatan Peserta Didik

Deskripsi
Penyajian materi bersifat interaktif dan partisipatif, ada bagian yang mengajak pembaca untuk berpartisipasi – misalnya dengan mengajak peserta didik mencoba latihan dengan data baru.
Pada setiap bab di dalam buku ini, penyajian materi sudah bersifat interaktif dan partisipatif. Terdapat ajakan agar peserta didik melakukan kegiatansiswa yang terdiri dari praktikum, diskusi dan penguatan konsep , contoh soal beserta evaluasinya juga disisipkan di sela-sela materi yang disajikan dan terakhir, peserta didik dapat melakukan refleksi untuk mengukur seberapa besar pemahamannya di setiap bab yang diajarkan.
BAB 1
Kegiatan siswa : halaman 7, 8, 11, 16, 19, dan 23
Contoh soal : halaman 5, 7, 9, 12, 14, 15, 23, 29, dan 30
Evaluasi : halaman 16, 17, 19, 24, 25, dan 29
Refleksi : halaman 36
BAB 2
Kegiatan siswa : halaman 49, 50, 52, 53, 54, dan 61
Contoh soal : halaman 44, 45, 47, 51, 56, 57, dan 60
Evaluasi : halaman 45, 47, 48, 52, 53, 57, 58, dan 61
Refleksi : halaman 67
BAB 3
Kegiatan siswa : halaman 83, 84, 85, 86, 87, 89, 94, 95, dan 103
Contoh soal : halaman 81, 88, 92, 93, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103, dan 104
Evaluasi : halaman 82, 91, 96, 104, 105, dan 106
Refleksi : halaman113
BAB 4
Kegiatan siswa : halaman 121, 124, 133, 134, dan 135
Contoh soal : halaman 120, 121, 122, 123, 124, 128, 130, 132, dan 133
Evaluasi : halaman 127, 129, 131, dan 134
Refleksi : halaman 136
BAB 5
Kegiatan siswa : halaman 151, 152, 153,  157, 160, 161 dan 162
Contoh soal : halaman 150, 153, 156, 160, 164, 166, 168, dan 170
Evaluasi : halaman 150, 156, 157, dan 171
Refleksi : halaman 176
BAB 6
Kegiatan siswa : halaman 184, 186, 191, 195 dan 198
Contoh soal : halaman 185, 186, 187, 189, 192, 193, 194, 195,  197, 201 dan 205
Evaluasi : halaman 190 dan 205
Refleksi : halaman 210
BAB 7
Kegiatan siswa : halaman 222, 226, 230, 231, 233, 234, 240, 241, 242, 243, dan 245
Contoh soal : halaman 221, 226, 227, 229, 233, 236, 237, dan 244, 245
Evaluasi : halaman 222, 229, 238, 239, dan 246
Refleksi : halaman 251
Butir 33
Kesesuaian dengan Karakteristik Fisika

Deskripsi
Metode dan pendekatan penyajian diarahkan ke metode inkuiri / eksperimen, di akhir setiap bab minimum memuat materi / latihan yang dapat dipraktikkan oleh peserta didik.
Pada buku ini sudah terdapat metode dan pendekatan yang diarahkan ke metode inkuiri dan eksperimen. Terdapat beberapa kali kegiatan dan percobaan untuk melatih peserta didik.
D. KOHERENSI DAN KERUNTUTAN
Butir 34
Kertautan Antar Bab/Subbab/Alinea

Deskripsi
Penyampaian pesan antara subbab dengan bab lain/ subbab dengan subbab/ antara alinea dalam subbab yang berdekatan mencerminkan keruntutan dan keterkaitan isi.
Dalam buku ini terlihat jelas bahwa subbab awal saling bertautan dengan subbab lainnya. Untuk memahami subbab ketiga, peserta didik haruslah memahami subbab pertama dan kedua karena konsep dalam subbab ketiga muncul karena adanya konsep dasar pada subbab awal.
Butir 35
Keutuhan Makna dalam Bab/Subbab/Alinea

Deskripsi
Pesan atau materi yang disajikan dalam suatu bab/subbab/alinea harus mencerminkan suatu tema.
Pesan atau materi yang disajikan dalam suatu subbab di dalam buku ini sudah mencerminkan tema karena memiliki satu pokok bahasan yang sama.

III. KELAYAKAN KEBAHASAAN
A.     LUGAS
Butir 36
Ketepatan struktur kalimat

Deskripsi
Kalimat yang digunakan mewakili isi pesan atau informasi yang ingin disampaikan dengan tetap mengikuti tata kalimat Bahasa Indonesia.
Struktur kalimat yang digunakan sudah sangat mewakili isi pesan atau informasi dan sesuai dengan tata kalimat Bahasa Indonesia. Misalnya pada halaman 12 struktur kalimatnya sudah menggunakan tata Kalimat Bahasa Indonesia.
Butir 37
Keefektifan kalimat

Deskripsi
Kalimat yang disampaikan sederhana dan langsung ke sasaran.
Kalimat yang digunakan sudah sederhana dan dapat dipahami secara langsung oleh peserta didik dalam memahami isi materi yang disampaikan.
(Halaman : 43, 44 )
Butir 38
Kebakuan istilah

Deskripsi
Istilah yang digunakan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan / atau adalah istilah teknis yang telah baku digunakan dalam FISIKA. Pada istilah teknis yang masih cukup asing diberikan penjelasannya pada glosarium.
Untuk istilah-istilah fisika yang digunakan sudah baik dan juga dalam istilah bahasa asing sudah diberikan dalam penjelasan Bahasa Indonesia serta dicantumkan dalam glosarium.
Pada halaman : 47, dapat di lihat pada golsarium halaman : 333).
B.     KOMUNIKATIF
Butir 39
Pemahaman terhadap pesan atau informasi

Deskripsi
Pesan atau informasi disampaikan dengan bahasa yang menarik dan lazim dalam komunikasi tulis Bahasa Indonesia.
Bahasa yang digunakan dalam menyampaikan pesan atau informasi cenderung kurang menarik karena masih terdapat beberapa ketidaktepatan dalam penulisan kata hubung, kata ulang dan juga terdapat pemborosan kata di beberapa kalimatnya.
Contohnya terdapat pada halaman : 14 kata “Pengayaan” menurut kami kata itu seharusnya digantikan dengan “Untuk lebih memahami isi dari materi ini”.
C.     DIALOGIS DAN INTERAKTIF
Butir 40
Kemampuan memotivasi peserta didik

Deskripsi
Bahasa yang digunakan membangkitkan rasa senang ketika peserta didik membacanya dan mendorong mereka untuk mempelajari buku tersebut secara tuntas.
Bahasa yang digunakan sudah cukup interaktif sehingga peserta didik merasa terlibat langsung ketika membaca materi pada buku, yang menimbulkan rasa curiousity yang mendorong mereka untuk mempelajari buku tersebut secara tuntas. Contohnya terdapat pada halaman 1 pada awal bab disitu bahasa yang digunakan sudah cukup interaktif dan disertai dengan contoh kehidupan peserta didik sehari-hari adanya contoh tentang “Pengukuran itu membuat peserta didik mendapatkan gambaran tentang bab yang akan dibahas lebih lanjut.
Butir 41
Mendorong berpikir kritis

Deskripsi
Bahasa yang digunakan mampu merangsang peserta didik untuk mempertanyakan suatu hal lebih jauh, dan mencari jawabnya secara mandiri dari buku teks atau sumber informasi lain.
Bahasa yang digunakan sudah cukup baik untuk merangsang daya pikir kritis dan kreatif peserta didik karena terdapat beberapa kegiatan diskusi dan pertanyaan ringan yang mampu memicu mereka berpikir kiritis.
D.     KESESUAIAN DENGAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Butir 42
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik

Deskripsi
Bahasa yang digunakan dalam menjelaskan suatu konsep harus sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik.
Penjelasan konsep-konsepnya sudah cukup sesuai dengan perkembangan pola pikir peserta didik secara kognitif.
Butir 43
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan emosional peserta didik

Deskripsi
Bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat kematangan emosional peserta didik.
Bahasa yang digunakan sudah cukup sesuai pada tingkat kematangan emosional peserta didik, yang dalam hal ini merupakan siswa SMA kelas X.
E.     KESESUAIAN DENGAN KAIDAH BAHASA INDONESIA
Butir 44
Ketepatan tata bahasa

Deskripsi
Tata kalimat yang digunakan untuk menyampaikan pesan mengacu kepada kaidah tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Tata kalimat yang digunakan sebagian besar sudah mengacu kepada kaidah tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pesan yang ada dapat tersampaikan kepada peserta didik seperti pada halaman 173.
Butir 45
Ketepatan ejaan

Deskripsi
Ejaan yang digunakan mengacu kepada pedoman Ejaan Yang Disempurnakan.
Ejaan yang digunakan dalam buku YRAMA WIDYA ini sebagian besar telah sesuai dengan EYD walaupun ada beberapa yang belum sesuai namun tetap bisa dipahami bahasannya
F.      Penggunaan istilah, simbol atau ikon
Butir 46
Konsistensi penggunaan istilah

Deskripsi
Penggunaan istilah yang menggambarkan satu konsep harus konsisten antar-bagian dalam buku.
Penggunaan istilah dalam buku ini sudah konsisten sehingga akan mempermudah peserta didik dalam membacanya.
Butir 47
Konsistensi penggunaan simbol atau ikon

Deskripsi
Penggambaran simbol atau ikon harus konsisten antar-bagian dalam buku.

Penggambaran simbol dan ikon untuk masing-masing konsep telah konsisten dari awal setiap bab. (BAB 1, bab 2, bab 3, bab 4, bab 5, BAB 6, BAB 7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar